Ternyata ada buah paling bersinar di dunia

Ternyata ada buah paling bersinar di dunia – Dunia seakan tidak ada habisnya memberikan sesuatu yang unik. Dalam perkemabanganya dunia ini mengalami banyak sekali evolusi. Evolusi ini terjadi dalam kurun waktu yang relatif lama dan berlangsung secara perlahan.

Dengan evolusi tersebut maka kita akan mendapatkan sesuatu yang baru.Evolusi bukan hanya terjadi pada bumi akan tetapi terjadi pula pada isinya. Seperti buah bahan. Buah buahan umumnya kita ketahui tidak dapat bersinar akan tetapi berbeda dengan buah ini.

Ternyata ada buah paling bersinar di dunia yaitu buah Pollia condensata. Buah ini banyak sekali tumbuh dibelantara afrika. Unik sekali memang, yang selama ini kita ketahui mungkin yang dapat bersinar hanyalah lampu, matahari, dan bulan. Akan tetapi akhir akhir ini dunia dikejutkan dengan penemuan buah yang bersinar yakni Pollia condensata.

Yang menarik adalah warna kebiruanya. Walaupun sejatinya buah ini tidak memiliki pigmen. Pigmen adalah zat pewarna dalam kulit secara alami. Lalu apa yang menyebabkan buah ini bersinar ?

Riset terbaru yang dimuat di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukan bahwa, alih-alih memiliki struktur warna, kulit buah ini merefleksikan gelombang cahaya yang ukurannya berbeda-beda.Sehingga menjadikan buah ini bersinar.

Tiap individu yang memiliki sel menghasilkan warna beragam, yang membuatnya seperti lukisan yang beralirkan pointillisme, teknik pointillisme yang dimiliki pelukis impresionis merangkai kumpulan titik menjadi suatu lukisan yang utuh. Saat kita lihat bawah mikroskop, kulit buah Pollia condensata ini akan bersinar tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

Ketebalan lapisan sel buah Pollia condensata ini juga akan menentukan panjang gelombang cahaya yang dipantulkan. Beberapa seldari buah Pollia condensata ini memiliki lapisan tipis yang merefleksikan warna biru, yang lebih tebal jika kita amati akan menghasilkan warna hijau atau merah.

struktur kulit buah Pollia condensata

Dr Beverley Glover dari Department of Plant Sciences, University of Cambridge menuturkan pendapatnya mengenai buah bersinar ini, “Pollia condensata adalah tanaman yangberevolusi secara cerdas.”

“Pollia condensata adalah tanaman kecil yang sungguh fantastis, mampu membuat buahnya mengkilap, gemerlapan, multiwarna, menjadi sinyal yang menarik untuk burung di sekitarnya, tanpa membuang cadangan fotosintesis hanya untuk memberi makan burung,” ujarnya pada saat di University of Cambridge.

Walaupun buah ini tidak memiliki nilai gizi namun buah ini mampu memikat para burung untuk membuat sarang di dekat buah ini. Burung burung tersebut terpikat oleh kecantikan warna yang dimiliki buah Pollia condensata ini . dan lebih mengesankan lagi buah ini memiliki warna yang tidak akan pernah pudar oleh waktu. Para peneliti menemukan sebuah sampel buah pada koleksi herbarium dari abad ke-19, yang masih memiliki kondisi mengkilap dan berwarna-warni seperti berada dialam.

Nah semoga sedikit iniformasi mengenai buah yang paling bersinar di dunia ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.