Tips agar tetap bugar meski kerja lembur

Tuntutan pekerjaan terkadang membuat kita, mau tidak mau, harus kerja hingga larut malam alias lembur. Padahal keesokan paginya masih harus bekerja lagi. Bagi Anda yang sering melakukan lembur, apalagi yang harus selalu menghadap layar komputer/laptop, ini dia tips agar Anda tetap bugar meski harus kerja lembur!

  • Minum air putih yang cukup

Duduk dalam waktu yang lama dapat membuat leher hingga pinggang menjadi sakit. Tentunya hal ini dapat membuat kita tidak nyaman dan mengganggu proses kerja kita. Caranya adalah dengan mengonsumsi air putih secara berkala, misalnya 10-15 menit sekali. Air putih akan mengeluarkan racun dalam tubuh dan mengganti cairan yang keluar karena beraktivitas. Tetapi jangan berlebihan, terlalu banyak air dalam tubuh akan membuat kembung dan tidak fokus bekerja.

  • Minum kopi (sedikit atau jika merasa perlu)

Kafein yang ada dalam kopi maupun minuman energi memang tidak pasti akan membuat Anda selalu terjaga dan mengontrol sistem kerja tubuh. Namun, selama jumlah konsumsinya pas dan tidak berlebihan, kopi dapat membantu Anda untuk “melek”. Supaya tidak bergantung kepada kopi terus menerus, beri tubuh kesempatan untuk tidur ketika lelah, sebagai ganti minum kopi.

  • Tidur siang cukup

Bisakah seorang pekerja menyempatkan diri untuk tidur siang? Tentu saja bisa! Tidur siang berfungsi untuk mengembalikan tenaga yang kita keluarkan. Sempatkan 15-20 menit waktu siang Anda untuk tidur. Meski hanya sebentar, saat bangun nanti Anda akan merasakan badan segar kembali.

  • Makan makanan bergizi

Konsumsi buah langsung ataupun buah yang dijus akan membantu Anda menyegarkan tubuh dan pikiran. Jaga makanan yang Anda makan, pastikan jika makanan tersebut baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

  • Melakukan olahraga ringan

Beberapa orang setuju bahwa latihan fisik ringan adalah salah satu cara yang efisien untuk menangkal kantuk. Berolahraga ringan seperti mengatur posisi tubuh dapat meningkatkan kembali konsentrasi. Misalnya, lakukan push up sebanyak 50 kali di antara waktu Anda bekerja, atau bisa juga dengan stretching, dan rasakan tubuh Anda akan segar kembali.

Lembur itu boleh-boleh saja, kok, asal jangan mengesampingkan kesehatan. Kesehatan lah yang paling utama. Jika tubuh sehat, melakukan aktivitas apapun jadi menyenangkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *