Tips jitu sembuhkan penyakit flu

Sekarang ini, flu dan pilek adalah penyakit yang sedang banyak diderita. Cuaca yang kadang panas kadang hujan menjadi faktor munculnya penyakit. Apalagi bagi Anda yang banyak kegiatan, kondisi yang lelah menyebabkan virus cepat masuk ke dalam tubuh. Lalu bagaimana cara mengobatinya?

Tips ampuh untuk mengobati sakit flu dan pilek:

  • Perbanyak minum air putih

Cara ini sering dianggap remeh oleh orang-orang yang menderita flu. Sebenarnya, air putih memiliki khasiat yang benar-benar efektif. Dengan meminum air putih dalam jumlah banyak, maka tubuh memiliki amunisi untuk melawan beberapa gejala flu berat, seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, meriang (panas dingin), ataupun hidung tersumbat.

Namun jika tenggorokan masih terasa sakit saat meminum banyak air, coba dengan menambahkan campuran air jeruk nipis atau lemon, yang fungsinya melegakan hidung tersumbat dan meredakan perut kembung.

  • Lemon dan madu

Pada saat flu, tenggorokan pasti terasa tidak enak dan sakit. Terkadang sampai suara kita menjadi serak. Cara mengobatinya yaitu dengan meminum air yang masih agak panas, beri irisan lemon dan dua sendok makan madu. Bisa juga dengan mengonsumsi permen yang mengandung lozenge untuk melegakan tenggorokan.

  • Berkumur dengan air garam

Flu juga ditandai dengan batuk, terkadang muncul dahak jika dibiarkan. Tentu saja dahak di tenggorokan sangat mengganggu. Nah, cara menyembuhkannya dapat dengan berkumur menggunakan air garam supaya tidak terlalu sakit. Air garam sangat efektif mengatasi dahak karena mampu menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan.

Fungsi lain dari air garam ini adalah mengencerkan lendir, menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan. Takarannya yaitu campur air sebanyak satu gelas dengan satu sendok garam, dan gunakan untuk berkumur selama beberapa detik.

  • Istirahat yang cukup

Kebanyakan orang terlalu sibuk bekerja dan melakukan kegiatan, sehingga mereka lupa bahwa tubuh perlu waktu untuk beristirahat. Untuk pekerja kantoran, banyak yang rela begadang setiap malam, padahal keesokan paginya harus kembali bekerja.

Saat tubuh kita terserang flu dan mengalami gejala seperti demam, sakit tenggorokan, dan pilek, maka salah satu cara untuk mengobatinya adalah tidur. Apabila pekerjaan atau sekolah tidak bisa ditinggalkan, hindari aktivitas yang melelahkan, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

  • Makan sup ayam

Jika Anda pernah mendengar pernyataan bahwa cara cepat menyembuhkan flu adalah dengan memakan sup ayam, ternyata hal itu tidak hanya sekedar mitos. Khasiat dari memakan sup ayam adalah  membuat perasaan menjadi nyaman dan mencegah penyebaran neutrofil (sel darah putih yang dapat menyebabkan peradangan demam) ke dalam saluran pernapasan.

Manfaat lainnya adalah menghambat produksi lendir, menghangatkan sekitar rongga hidung, sehingga mampu mengurangi gejala dari sakit flu dan pilek, melegakan hidung saat bernafas, dan menghangatkan suhu tubuh.

Mudah bukan? Silakan dicoba dan semoga lekas sembuh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *