Tips pintar menghadapi liburan akhir tahun

Close-up of a rear view woman into the swimming pool on Maldivian resort.

Liburan akhir tahun tinggal hitungan hari. Liburan akhir tahun biasanya dihabiskan banyak orang dengan traveling ke daerah baru. Ada yang pergi dengan keluarga, ada pula yang pergi dengan teman sambil merayakan Tahun Baru di tempat spesial. Berbagai rencana liburan akhir tahun sudah mulai dipersiapkan.

Close-up of a rear view woman into the swimming pool on Maldivian resort.

Berikut beberapa kiat yang bisa Anda pertimbangkan supaya liburan akhir tahun terasa lebih berkesan, lancar serta menyenangkan.


  1. Manfaatkan Situs Traveling

Hal pertama ketika akan merencanakan libur akhir tahun sebaiknya mencari ide tempat wisata yang akan dikunjungi. Saat ini ada banyak situs traveling yang berisikan review destinasi wisata. Dengan mudah Anda akan bisa temukan lokasi traveling, baik pantai, gunung atau tempat wisata sejarah.

  1. Kunjungi Travel Fair

Berbagai pameran wisata biasanya rutin digelar menjelang akhir tahun, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari informasi. Ada banyak paket wisata ataupun promo dari tempat wisata maupun maskapai.

  1. Segera Pesan Tiket Transportasi

Untuk menghindari dari kehabisan tiket atau harga menjadi mahal, sebaiknya segera memesan tiket transportasi jauh­jauh harisebelum berangkat. Khusus traveler yang niat bepergian menggunakan pesawat, sebaiknya segera memesan tiket disaat ada promo tiket pesawat murah. Biasanya, promo tiket pesawat cepat habis dalam hitungan menit.

  1. Jangan Lupa Booking Hotel

Demikian halnya dengan penginapan. Sesegera mungkin menghubungi hotel yang diinginkan sebelum berangkat untuk melakukan reservasi kamar yang diinginkan sebelum kehabisan. Biasanya dalam paket wisata yang dijual oleh pihak travel agent sudah termasuk penginapan.

  1. Susun Itinerary Dengan Bijak

Menyusun itinerary atau jadwal perjalanan dengan bijak sangat menentukan dalam memanfaatkan waktu liburan supaya semaksimal mungkin obyek wisata yang Anda inginkan bisa terkunjungi. Tentukan obyek wisata mana saja yang akan dikunjungi pada hari pertama, kedua dan seterusnya.

Hal ini akan sangat membantu dalam efisiensi waktu selama liburan sehingga tidak kebingungan pada saat setelah tiba di tujuan. Sangat disarankan menggunakan jasa travel agent karena dalam paket wisata hal inisudah diatur dengan baik.

  1. Segera Urus Cuti

Untuk mendapatkan liburan akhir tahun yang panjang, sebaiknya segera mengurus cuti kerja. Dengan demikian liburan akan bisa dinikmati dengan tenang tanpa perlu takut dibayang­bayangi pekerjaan.

  1. Siapkan Fisik Sebaik Mungkin

Persiapan terakhir yang sangat menentukan yaitu mempersiapkan fisik dengan baik. Makan dan minumlah dengan cukup. Jangan lupa konsumsi vitamin dan istirahat yang cukup agar tubuh fit dan bugar disaat hari keberangkatan tiba. (mediajasawisata)