Trik menghemat kuota internet smartphone Anda!

Anda sering bermasalah dengan kuota internet yang cepat habis? Mungkin pengaturan di smartphone Anda lah penyebabnya. Intip yuk, tips menghemat kuota internet!

  • Matikan fitur auto-download

Beberapa aplikasi diatur untuk mendownload konten secara otomatis tanpa kita ketahui. Misalnya saja aplikasi chatting Whatsapp, yang akan secara otomatis mendownload gambar yang dikirimkan oleh teman. Kalau hanya satu dua gambar sih tidak masalah, namun apabila Anda tergabung dalam sebuah grup chat, dimana akan ada banyak gambar yang di share, lebih baik Anda matikan fitur auto download yang ada pada Whatsapp. Dengan begitu, tidak semua gambar yang ada langsung terdownload dan cara ini akan membantu Anda untuk menghemat kuota internet.

Cara mematikan fitur auto-download pada Whatsapp:

Buka settings > Chat Settings > Media auto-download. Pilih no media when using mobile data. Dengan begitu, Anda hanya mendownload media yang Anda inginkan saja, sedangkan media yang tidak diinginkan tidak akan terdownload secara otomatis. Lumayan menghemat banyak kuota, karena gambar/video merupakan pemakan kuota yang cukup besar.

  • Matikan Auto-Update Aplikasi

Selain aplikasi yang mengaktifkan fitur auto-download, aplikasi yang lainnya juga memiliki kemungkinan untuk menyedot banyak kuota. Dan yang paling ganas adalah fitur auto-update, karena untuk satu aplikasi saja bisa memakan kuota sekitar 10MB, belum lagi untuk game yang bisa sampai ratusan MB. Cara mengatasinya adalah dengan mematikan fitur auto-update tersebut.

Cara mematikan fitur auto-update aplikasi dari Google Play:

Cara mematikan fitur auto-update apps ini cukup mudah. Buka google play (android) kemudian menu settings > Auto-Update Apps > Do not auto-update apps. Dengan cara ini, Anda akan menghemat banyak sekali kuota yang biasanya habis karena aplikasi terupdate dengan sendirinya. Namun disarankan untuk memilih auto-update apps over Wi-Fi only, dimana aplikasi akan otomatis terupdate saat terhubung dengan jaringan wifi saja. Apabila Anda sedang menggunakan paket data, aplikasi tidak akan terupdate secara otomatis.

  • Nyalakan paket data seperlunya

Mengapa kuota cepat habis padahal Anda tidak melakukan chat, tidak main game, dan sebagainya? Hal ini bisa jadi karena beberapa aplikasi, dari pabriknya, menggunakan jaringan interet, seperti gmail yang terus menerus melakukan sinkronisasi dengan servernya setiap sekian menit sekali, dan masih banyak lagi.

Jadi, apabila Anda tidak memegang smartphone dalam waktu yang lama, sebaiknya untuk mematikan paket data yang ada, karena selain menghemat penggunaan kuota internet oleh aplikasi yang membutuhkannnya, Anda juga sekaligus menghemat baterai. Mungkin cara ini cocok bagi Anda yang sedang dalam perjalanan, atau ketika sedang fokus bekerja yang tidak membutuhkkan aplikasi yang terhubung internet di smartphone.

  •  Gunakan jaringan wifi

Apabila Anda membutuhkan banyak kuota untuk mendownload atau mengerjakan sesuatu yang tidak terlalu penting, misalnya mendownload lagu atau aplikasi, ada baiknya Anda memanfaatkan wifi yang ada di sekitar.

Gunakan jaringan internet untuk hal-hal yang sifatnya urgent dan penting, sehingga Anda dapat memaksimalkan kuota internet yang sudah disediakan.

 

Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam menghemat kuota, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *