Lihat yuk seperti apa rupa dan teknologi 5 komputer tercepat di dunia

5 komputer tercepat di dunia –  Perkembangan teknologi di dunia terutama teknologi komputer memang sangat signifikan seiring dengan berjalannya waktu. Bagaimana tidak, dahulu komputer berukuran sangat besar dan berbobot ratusan kilo gram.

Namun di zaman yang modern ini kita sangat mudah menemukan komputer jinjing atau laptop yang ukurannya hanya seukuran buku catatan (notebook) dan bobotnya pun bisa dibilang cukup ringan.

Saat ini negara-negara besar pun masih berlomba-lomba mengembangkan teknologi komputer. Bahkan semakin lama persaingan antara negara-negara besar dalam bidang teknologi komputer semakin tak terhindarkan. Dan sampai saat ini negara-negara besar di dunia tersebut dikabarkan masih terus berkompetisi untuk membuat super-komputer paling cepat di dunia. Dan Tiongkok masih unggul dengan Tianhe-2.

Penasaran dengan penampakan berbagai jenis super-komputer tercepat di dunia? Berikut informasi selengkapnya.

Tianhe-2

tianhe 2

Seperti yang tadi sudah dibahas, Tianhe-2 adalah super-komputer keluaran negeri Tiongkok. Super-komputer ini dibuat oleh National University of Defense Technology yang merupakan seri lanjutan dari super-komputer sebelumnya, Tianhe-1A. Super-komputer ini mampu mencapai kecepatan atau performa 33,86 petaflop.

Titan

titan

Super-komputer tercepat kedua di dunia adalah Titan, super-komputer produksi Amerika Serikat. Sempat menjadi yang tercepat di dunia, namun posisinya digeser oleh Tianhe-2. Super-komputer yang dibuat oleh Oak Ridge National Laboratory ini mampu menunjukkan performa 17,6 petaflop.

Sequoia

sequoia

Selanjutnya ada super-komputer bernama Sequoia, sebuah super-komputer produksi Lawrece Livermore National Laboratory, Amerika Serikat. Sama seperti produk Amerika Serikat lainnya yaitu Titan, Sequoia juga sempat menjadi yang tercepat di dunia. Sebelum akhirnya dipatahkan rekornya oleh Titan pada bulan Juni 2012. Kecepatannya mencapai 17,2 petaflop.

K Computer

k computer

Jepang juga tak mau kalah dalam persaingan super-komputer tercepat di dunia. Dengan K Computer produksi RIKEN Advanced Institute for Computational Science, Jepang ini juga pernah menjadi yang tercepat dengan kecepatan mencapai 10,5 pentaflop. Namun berhasil dikalahkan oleh produk super-komputer asal Amerika Serikat pada tahun 2011 lalu.

Mira

mira

Super-Komputer keluaran Department of Energy milik Argonne National Laboratory, Amerika Serikat ini memiliki kecepatan mencapai 8,6 pentaflop. Dengan sistem berbasis Blue Gene/G dari produsen komputer ternama, IBM.

Luar biasa, bukan? Itu tadi adalah karya-karya manusia berupa super-komputer paling cepat di dunia yang diproduksi oleh negara-negara besar dan juga dikenal sangat maju dalam bidang teknologi komputer seperti Tiongkok, Amerika Serikat dan juga Jepang. Sekian informasi kali ini dan semoga bermanfaat.