Daftar Negara di Dunia yang Memiliki Hak Veto

Ingin tahu siapa saja negara penguasa di dunia ini? dialah lima negara yang menjadi DK (Dewan Keamanan) PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa). Kelima negara ini bisa dikatakan memiliki kewenangan secara mutlak untuk mengatur secara mutlak perdamaian negara-negara di dunia ini. hal untuk kekuasaan tersebut terkenal dengan “Hak Veto”.
daftar-negara-di-dunia-yang-memiliki-hak-veto
Hak Veto
DK PBB sebenarnya memiliki anggota sebanyak 15 negara, akan tetapi 10 diantaranya merupakan anggota yang tidak tetap. Daftar Negara di Dunia yang Memiliki Hak Veto yang terakhir ini dipilih oleh anggota PBB melalui forum Majelis Umum. Kelima negara yang beruntung tersebut memiliki hal veto untuk beberapa kawasan di dunia ini.
 
Dengan kata lain, sepuluh negera tersebut merupakan penderita saja. sebagai misal sebuah negara sedang melakukan peperangan dengan salah satu negara dan 14 DK PBB tersebut menyetujui untuk melerai dengan jalan perdamaian, akan tetapi satu negara tidak setuju, maka kesepakatan 14 negara DK PBB tersebut tidak akan terlaksana atau gagal.
 
Tujuan awal pembentukan Dewan Keamanan PBB sebenarnya sangat baik sekali, akan tetapi DK PBB justru menjadi sebuah permainan oleh negara-negara yang memiliki hak veto atau wewenang lebih. Misi awal dari pembentukan DK PBB adalah untuk menciptakan sebuah perdamaian dunia yang diperkasai oleh beberapa negara adikuasa atau negara raksasa yang memiliki hak veto, namun seakan hak veto tersebut digunakan tidak seharusnya. Siapa saja negara yang memiliki hak veto di dunia ini? untuk menjawab rasa penasaran tersebut, maka silahkan simak ulasan berikut ini.
 
 
1. Amerika Serikat (AS)
Amerika Serikat merupakan negara yang dikepalai oleh seorang presiden bernama Barack Obama. Negara ini mendapatkan hak veto dari DK PBB sebenarnya sudah sangat lama, bahkan sejak terbentuknya DK PBB.
 
2. Rusia
Negara selanjutnya yang mendapatkan hak veto adalah Rusia. Negara yang sangat besar dan terkuat di dunia ini mendapatkan hak istimewa setelah menunjukan kontribusinya secara lebih terhadap perdamaian dunia di hadapan DK PBB.
 
3. China
Negara China bisa dikatakan merupakan negara yang memiliki populasi penduduk menyebar terbanyak di dunia, bahkan penduduk asli China bisa mencapai pelosok-pelosok negara. Akibat hal inilah China mendapatkan hak veto dari DK PBB.
 
4. Inggris
Berbicara mengenai negara adikuasa terkuat di dunia, tentunya tidak akan lepas dengan Inggris, pasalnya Inggris merupakan salah satu pendiri dari Dewan Keamanan PBB, maka tak heran negara tersebut mendapatkan hak veto.
 
5. Perancis

Tidak hanya Inggris dan Amerika Serikat saja yang bertanggung jawab atas berdirinya DK PBB, akan tetapi Perancis juga mengambil banyak bagian terhadap berdirinya Organisasi Perdamaian Dunia tersebut. hal inilah yang menyebabkan negara Perancis mendapatkan hak vetoi untuk beberapa kawasan di dunia ini.

Baca juga: “10 Negara kecil yang paling berpengaruh di dunia