Mengintip surga tersembunyi di air terjun Banyunibo Dlingo

Air Terjun Banyunibo Dlingo – Jogja memang tak pernah kehabisan tempat wisata menarik. Derah yang menjadi tujuan wisata kedua di indonesia ini memang selalu saja memiliki spot spot baru sehingga membuat wisatawan tak kehabisan pilihan untuk berwisata. Salah satu yang kini sedang naik daun adalah Air terjun banyunibo di daerah Dlingo bantul. Yups, jika mendengar namanya tentu kita akan teringat dengan Curug banyunibo yang ada di Pajangan, atau bahkan Candi Banyunibo yang ada di Kalasan. Nama Banyunibo memang sudah sangat lumrah digunakan untuk menamai sebuah air terjun di daerah Jogja. Sebab, Banyunibo sendiri artinya Air Terjun.

Air Terjun Banyunibo Dlingo
Air Terjun Banyunibo Dlingo

Ok kembali ke topik, Air terjun banyunibo yang ada di Dlingo ini begitu Indah. memang belum banyak yang mengetahui tempat ini karena memang lokasi ini belum dikembangkan untuk tempat wisata yang representatif. Apalagi keberadaan air terjun ini hanya muiman, ketika musim hujan datang, jika musim kemarau, sama seperti Air terjun lainnya debit airnya sedikit atau bahkan kita tak bisa menjumpai airnya dan yang ada hanya tebing yang tinggi.

Lokasi Air Terjun Banyunibo Dlingo

Air terjun Banyunibo Dlingo terletak di dusun Desa Nglingseng Kecamatan Dlingo atau sekitar 25 km dari pusat kota jogja. Untuk menuju ke air terjun banyunibo Dlingo ini para traveler bisa mengambil rute kota gede Ring Rot Selatan kemudian ambil jalur ke Pleret, melalui Desa Pucung lanjut ke arah Dlingo. Sesampainya di Desa Munthuk di sana sudah banyak petunjuk arah yang akan membingbing para traveler untuk smpai ke lokasi.

Pemandangan dekat air terjun Banyunibo
Pemandangan dekat air terjun Banyunibo

Jalur menuju Air terjun banyunibo Dlingo ini memang cukup memakan energi khususnya bagi para pesepeda karena trak nya yang naik karena Air terjun ini berada di gugusan pegunungan Dlingo yang membatasi Kabupaten bantul dan gunung Kidul.

Sesampainya di lokasi, kita akan melihat hijaunya hutan dan hamparan sawah lengkap dengan terasiring yang begitu eksotis. Untuk menuju ke TKP kendaraan tak bisa dibawa masuk, maka harus dititipkan di rumah warga yang biasanya sudah sedikit familiar dengan para wisatwan. Otomatis, kita harus jalan kaki menyusuri jalan setapak yang lagi lagi membutuhkan kerja keras karena selain licin juga nanjak. Namun semua kelelahan akan terbayar jika kita sudah sampai di Lokasi Air terjun banyunibo.  Bagaimana tidak, pemandangan indah tersaji di depan mata yaitu sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Menariknya lagi, dinding air terjun yang cukup lebar dan kemiringan tebing yang mencapai 90 derajat membuat air yang jatuh seperti sinar yang datang dari atas. Airnya juga sangat bersih sehingga sangat segar jika digunakan untuk membasuh kaki atau sekadar cuci muka. tempat ini juga sangat cocok untuk digunakan narsis atau selfie ria.

Air Terjun Banyunibo Dlingo
Air Terjun Banyunibo Dlingo

Tips berwisata di Air terjun Banyunibo Dlingo

  • Safety first memakai sepatu atau sandal Gunung
  • Berkunjung di musim hujan
  • bawa bekal makanan sendri karena sekitar air terjun belum ada penjual makanan atau minuman.