5 Kota Dengan UMR Tinggi Di Indonesia

UMR atau Upah Minimun Regional merupakan standar upah minimum yang digunakan oleh pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, buruh ataupun karyawan yang berada di lingkungan kerja. Pemerintah sendiri mengatur UMR melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomer 5/Men/1989 tanggal 29 Mei 1989 tentang Upah Minimum.


UMR di Indonesia berbeda-beda. Perbedaan tersebut tergantung pada tingkat atau taraf kehidupan di setiap kota. Lantas kota mana saja yang memiliki tingkat Upah Minimum Regional (UMR) yang tinggi itu? untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, simak lima kota dengan tingkat UMR tinggi di Indonesia berikut ini.

5 Kota Dengan UMR Tinggi Di Indonesia

1. Palembang
Kota dengan UMR tinggi di Indonesia pada posisi pertama ditempati oleh Palembang. Kota yang terkenal dengan makanan khas empek-empek Palembangnya ini, memiliki UMR mencapai Rp. 1.750.000,00 untuk sektor preperti dan real estate. Sumsel sendiri merupakan provinsi terkaya no. 5 di Indonesia. Maka tak ayal UMR di Palembang sendiri mencapai angka tersebut.

2. Banda Aceh
Pada urutan kedua dalam kota UMR tinggi di Indonesia ditempati Kota Banda Aceh. Kota yang masih berada di wilayah Sumatera ini memiliki tingkat UMR mencapai Rp. 1.350.000,00 terpaut sebesar Rp. 400.000,00 dari Palembang.

3. Medan
Kota-kota yang berada di Sumatera masih mendominasi tingkat UMR tertinggi di Indonesia. Pada urutan ketiga ini masih ditempati salah satu kota yang berasal dari Sumut, tepatnya sebegai ibukota dari Sumatera Utara. Kota tersebut adalah Medan. Kota yang juga merupakan kawasan terbesar di Sumatera ini memiliki UMR tinggi di Indonesia. Hal ini terjadi karena Medan memiliki banyak sekali perusahaan. Terutama untuk perusahaan UMKM. UMR Kota Medan adalah Rp. 1.316.700,00.

4. Kota Jakarta
Menjadi ibukota, ternyata tidak menjamin kota tersebut akan memiliki tingkat Upah Minimum Regional (UMR) yang tinggi, begitulah yang sedang dialami oleh Kota Jakarta. Walaupun terkenal memiliki pendapatan yang sangat tinggi. Namun untuk masalah UMR, Kota Jakarta hanya mampu meraih peringkat ke-4 dalam kota dengan UMR tinggi di Indonesia. Banyak sekali perusahaan-perusahaan multinasional yang bersarang di kota ini. tapi untuk UMR Jakarta hanya mampu mencapai Rp. 1.290.000 saja.

5. Kota Depok
Kota Depok berada di Provinsi Jawa Barat. Walaupun Kota Depok berada di Provinsi Jawa Barat, akan tetapi Depok sangat dekat dengan ibukota Jakarta. Bahkan tak jarang Kota Depok disebut sebagai satelitnya kota Jakarta. Maka tak ayal kota Depok menetapkan UMR sebesar Rp.1.253.636,00. Kota Depok dalam urusan UMR selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. mungkin di tahun 2016 nanti, Kota Depok mampu menembus angka 1,3 juta dari pada tahun 2015 ini.