Cara Membedakan Emas Putih Asli Atau Palsu

Emas merupakan jenis perhiasan yang memiliki nilai yang sangat tinggi. Akan tetapi sekarang ini banyak sekali beredar emas palsu, terutama untuk emas putih yang memang memiliki nilai yang sangat mahal. Memang sangat sulit untuk membedakan antara emas putih asli atau palsu.

Walaupun sulit, sebenarnya masih ada beberapa ciri untuk membedakan emas putih asli atau palsu, tentunya cara ini menuntut ketelitian dari seseorang. Bagaimanakah cara membedakan emas putih asli atau palsu itu? untuk mengetahuinya langsung saja simak berikut ini.

Cara Membedakan Emas Putih Asli Atau Palsu

1. Lihat ciri-ciri emas dari visual
Cara membedakan emas palsu atau asli yang pertama adalah dengan melihat ciri-ciri visual. Biasanya emas asli akan mencantumkan beberapa cap yang menandakan karat ataupun yang lainnya. akan tetapi emas palsu juga memberikan cap tersebut. nah untuk membedakan cap itu asli atau palsu, silahkan untuk menggunakan kaca pembesar. Jika cap emas yang Anda miliki terlihat sedikit kasar, maka Anda harus waspada karena mungkin saja itu emas palsu. Namun jika halus dan tanpa cacat atau kasar, berarti itu emas asli.

2. Gigit emas
Cara Membedakan Emas Putih Asli Atau PalsuJika Anda melihat seorang atlit yang mendapatkan sebuah trofi emas, pastinya dia akan mengigit sambil berfoto ataupun memamerkan kepada pengemarnya. Sebenarnya gigitan tersebut bukan tanpa tujuan, gigitan pada logam emas bertujuan untuk menentukan apakah emas tersebut asli atau palsu. Jika asli maka akan membekas sebuah gigitan, semakin dalam gigitan tersebut, maka semakin asli atau murni emas yang dia miliki.

3. Uji dengan magnet
Emas bukan merupakan logam yang bermuatan magnetik, maka dari itu emas asli tidak akan tertarik oleh yang namanya magnet. Anda bisa memanfaatkan sifat logam emas ini untuk menguji keaslian. Akan tetapi usahakan untuk menggunakan magnet yang besar, karena jika Anda menggunakan magnet hiasan seperti tempelan di kulkas. Maka akan percuma saja.

4. Goreskan emas pada keramik atau kertas
Cara menguji emas putih palsu atau asli selanjutnya adalah dengan menggoreskan pada bagian keramik. Namun cara ini lebih berisiko menimbulkan emas yang Anda miliki tergores. Caranya sangat mudah sekali, pertama ambil piring yang berasal dari keramik dan goreskan emas yang Anda miliki pada piring tersebut. jika goresan tersebut berwarna hitam maka emas yang Anda miliki palsu, namun jika tidak ada goresan sama sekali, berarti kemungkinan besar emas Anda asli. Selain menggunakan keramik, Anda juga bisa menggunakan kertas, tentunya dengan cara yang sama yakni mengoreskan emas pada kertas.

Itulah beberapa cara mengetahui emas putih asli atau palsu. Cara ini sangat memerlukan ketelitian yang tinggi agar mendapatkan pengujian secara maksimal.