Lima jembatan paling ekstrim di dunia

Jembatan adalah salah satu insfraktruktur jalan raya yang harus ada untuk memperlancar arus transportasi. Orang membayangkan betapa sulitnya membangun sebuah jembatan apalagi jembatan dengan ukuran yang sangat besar. Pernahkah membayangkan betapa tak masuk akalnya jembatan bisa dibangun?


Berikut ini lima jembatan ekstrim dunia yang mencengangkan yang berada di beberapa benua:

1. Jembatan Eshima Ohashi di Jepang

Jembatan Eshima Ohashi (Eshima Ohashi Bridge) setinggi 44 meter ini menjadi jembatan yang sangat ingin bisa ada di game dan tidak nyata. Tapi jembatan roller coaster ini adalah rute jalan tiap hari di Jepang. Jembatan Eshima Ohasi menghubungkan kota Matsue dan Sakaiminato. Bagi pengguna jembatan ini, hal utama yang harus dipersiapkan sebelum melewati jembatan ini adalah memeriksa rem kendaraan apakah bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Eshima-Ohashi-Bridge-Japan
Eshima-Ohashi-Bridge-Japan

2. Jembatan gantung Langkawi, Malaysia

Jembatan ini dibangun pada ketinggian diatas 2300 kaki dari permukaan laut. Jembatan ini melengkung sepanjang 125 meter dengan pemandangan indah yang bisa dilihat dari atas jembatan, Jembatan ini menjadi jembatan melengkung dengan panduan rentang yang paling panjang. Jembatan ini menjadi salah satu atraksi turis terbesar di Malaysia.

3. Jembatan Rolling Bridge London

Jembatan Rolling Bridge London adalah tipe jembatan bergerak yang berliku. Jembatan ini terdiri dari delapan bagian segitiga yang membentuk segi delapan saat melengkung dan jika ini terbuka membentuk sebuah jembatan.

Agar kapal bisa lewat, maka jembatan Rolling Bridge akan melengkung ke atas dan membentuk gulungan sehingga kapal bisa menyeberangi kanal Grand Union.

4. Jembatan Dragon King Kong China

Jembatan Dragon King Kong China adalah jembatan untuk para pejalan kaki dengan total panjang mencapai 185 meter dan tingginya hingga 22 meter dengan lokasi di Distrik danau Changsha Meixi. Semua konsep konstruksi jembatan ini didasarkan pada prinsip cincin Mobius.

Jembatan ini menghubungkan campuran hentakan pada ketinggian berbeda. Dari atas jembatan ini, dapat disaksikan pemandangan alam yang mempesona.

5. Jembatan Helix Singapura

Jembatan ini jembatan pedestrian dengan lengkungan “Double Helix” pertama di dunia. Jembatan ini dibangun menyerupai struktur DNA. Jembatan ini memiliki beberapa platform melihat sebagai spot terbaik untuk melihat pemandangan kota Singapura.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan yang terjadi di teluk dari jembatan yang memberi panorama pemandangan dari kota Singapura.

Jembatan ini memenangkan penghargaan “Bangunan Transportasi Terbaik Dunia” pada Festival Arsitektur Dunia. Dengan melewati jembatan ini, akan didapatkan pengalaman rasa nyaman yang unik.