Cara mudah mengenali produk rekayasa genetika

sayur dan buah di pasar tradisional
sayur dan buah di pasar tradisional

Bagaimana mengidentifikasi produk rekayasa genetika (GMO) di toko atau supermarket? Ketika tidak ada jawaban yang mewadai terhadap produk GMO, ada jalan mudah yang akan membantu Aanda untuk mengetahui perbedaan antara produk GMO  dan non-GMO

Makanan GMO tampak terlihat lebih menyenangkan seperti saat melihat kosmetik. Makanan GMO terlihat lebih bulat, terlihat lebih cair, lebih bersinar, dan lebih banyak buah-buahan dan sayuran yang menarik bisa dilihat di super market.

Hukum alam mengatakan, tidak ada satupun manusia itu sama persis. Seseorang akan terlihat lebih tinggi daripada Anda atau lebih pendek daripada Anda. Hal ini juga terjadi pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

sayur dan buah di pasar tradisional
Sayur dan buah di pasar tradisional(Fotothing.com)

Sayur-sayuran dan buah-buahan yang asli memperlihatkan banyak tanda yang berbeda yang akan membuat Anda berfikir bahwa produk itu “hidup”. Anda boleh menekan sebuah tomat yang terlihat terlalu sempurna dan jika tomat itu sedikit lecet, itu bukti bahwa tomat tersebut bukan produk GMO.

Atau coba untuk memeriksa buah dan sayuran yang terlihat tidak sempurna. Produk-produk tersebut akan selezat seperti yang dijanjikan, serta menjadi jalan menuju sehat yang diinginkan. Sejujurnya, menghindari supermarket sama sekali adalah solusi terbaik.

Membeli dari petani yang menumbuhkan makanan mereka sendiri dan juga meyakinkan Anda untuk hanya memilih buah dan sayuran yang tidak sempurna akan meyakinkan anda untuk sepenuhnya bebas dari makanan GMO.

Apabila memang harus membeli dari toko, pastikan untuk menghindari kemasan yang terlihat cukup mahal dan coba carilah kemasan yang sederhana. Makanan GMO terlihat lebih menguntungkan dan dikemas dalam kemasan yang lebih mencolok untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Pastikan untuk mendidik diri Anda sendiri sedemikian rupa tidak hanya soal produk GMO dari Amerika, tapi juga produk GMO yang berasal dari negara lain. Negara-negara tersebut memiliki hukum dan peraturan yang beda terhadap persoalan ini daripada negara kita sendiri.

Jika Anda mengumpulkan informasi dari berita dan internet, Anda akan segera tahu apakah barang yang mungkin akan didapat atau dari negara-negara tersebut dan apakah barang-barang itu GMO atau tidak. Menurut livingtraditionaly.com, beberapa negara yang bisa dianggap sebagai pembuat produk GMO penting didunia: Amerika Serikat, Argentina, Brazil, China, dan India.

Pekerja di Monsanto, salah satu perusahaan pembuat makanan GMO di Amerika Serikat, tidak dan tidak akan makan produk mereka namun entah bagaimana mereka mengharapkan kita juga? Betapa sangat menyakitkannya.

Tetap waspada pada barang-barang yang ada di toko yang Anda beli dan ingat makanan GMO harganya tidak begitu mahal tapi akan dikemas mahal dan terlihat lebih menarik.

Juga biasanya, saat Anda menemukan barang yang tidak berada pada musimnya di toko yang Anda beli selama satu tahun penuh hal itu berarti produk-produk impor atau dikembangkan dalam perawatan yang mungkin saja dibuat dari GMO.

Agar pemahaman ini tetap diingatan akan membantu Anda dan kesehatan Anda dalam waktu yang lama. Maka jika orang-orang dari Monsanto saja tidak mau memakan produk GMO, lalu mengapa kita harus?