Lima kesalahan yang sering terjadi saat mandi

Mandi adalah ritual sehari-hari yang membuat kita merasa bersih, segar, dan diremajakan. Namun, sadar atau tidak, kegiatan ini bisa juga berakibat buruk bagi tubuh jika tidak dilakukan dengan benar. Seperti dilansir healthmeup.com, berikut adalah lima kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mandi.

1.Mencukur sebelum mandi

Apakah Anda termasuk orang sering kali bercukur sebelum mandi? Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu. Waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah Anda mandi karena air hangat bisa melembutkan rambut Anda dan membuka pori-pori yang memungkinkan Anda mendapat hasil lebih halus.

2. Tidak membersihkan spons

Kebanyakan orang menggunakan spons untuk membersihkan diri, tetapi mereka lupa untuk membersihkannya. Hal ini tidak higienis karena membuat bakteri yang ada dalam spons berkembang biak dengan cepat.

orang mandi
orang mandi

3. Keramas setiap hari

Semakin sering Anda mencuci rambut atau keramas, maka akan semakin banyak minyak yang melekat pada rambut. Hal ini terjadi karena sampo rambut terbuat dari minyak alami sehingga kulit kepala akan memproduksi lebih banyak minyak. Sebaiknya cuci rambut Anda dua atau tiga hari sekali agar minyak alami bisa menjalar hingga ujung rambut yang membuat mahkota kepala Anda tetap sehat.

4. Menggunakan scrub setiap hari

Banyak orang yang keliru dan percaya bahwa luluran dapat melepas kulit mati dan membuang minyak pada tubuh. Kebiasaan ini justru berbahaya karena terlalu sering menggosok kulit bisa menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi minyak lebih banyak.

5. Mengeringkan rambut dengan handuk

Menggosok rambut hingga kering dengan handuk adalah cara yang salah untuk mengeringkan rambut. Bahayanya, rambut Anda akan rentan mengalami kerusakan. Hindari penggunaan handuk dan coba lakukan beberapa tepukan menggunakan tangan untuk mengeringkan rambut Anda. Tepuk dengan lembut dan biarkan rambut kering secara alami.