Lima ritual pagi hari yang dilakukan orang-orang sukses

Setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing saat memulai kehidupan di pagi hari. Kebiasaan pada pagi hari akan mempengaruhi perjalanan hidup pada siang hari dan sore hari.

Jika ingin mengisi waktu dalam keseharian dengan hal-hal yang produktif, bersemangat, ini ada enam ritual di pagi hari yang menyehatkan yang dilakukan orang-orang sukses setiap hari.

1. Letakkan gadget

Banyak orang yang tidur dengan handphone di dekat tempat tidur mereka. Kemudian hal pertama yang mereka lakukan saat bangun tidur adalah memegang handphone mereka dan memeriksa email, Facebook dan aplikasi sosial media lainnya.

Kita semua begitu ketagihan dengan gadget yang dimiliki, bahkan menurut Pusat Penelitian Pew seperti dilansir situs gaya hidup ilifehack.org, 67 % pemilik handphone memeriksa handphone ketika benda itu tidak aktif.

Perilaku ini mungkin akan membawa pemilik handphone pada gejala FOMO (fear of missing out) dan memunculkan stress dan kegelisahan. Hal ini jelas bukan cara yang baik untuk memulai hari.

Lalu ritual sehat apa yang harus dilakukan setelah bangun tidur? Tinggalkan gadget dan temuilah oarng-orang tercinta ada secara langsung di pagi hari. Ini berarti tak ada telpon genggam, iPads, komputer ataupun TV.

Jadikanlah pertemuan dengan orang-orang yang dicintai di pagihari sebagai waktu istimewa.meski hanya sekitar 10 sampai 15 menit. Hal ini akan membantuk memperdalam hubungan.

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh orang yang masih hidup sendiri? Gunakan waktu di pagi hari untuk terhubung dengan diri sendiri dengan melakukan meditasi, membaca buku atau menikmati waktu mandi di pagi hari.

2. Makan sayur hijau

Ritual pagi hari lainnya yang dilakukan orang-orang sukses adalah memakan daun sayur yang hijau. Daun sayur hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun sayur hijau memberikan tubuh yang sangat membutuhkan vitamin, mineral alkaline, anti oksidan, phytonutrisi, klorofil, dan komponen lain yang sangat penting untuk kesehatan.

Klorofil ditemukan pada sayuran hijau yang membantu menyalurkan darah dan memiliki kandungan zat anti kanker, anti oksidan dan anti mutagenic. Kegunaan yang bermanfaat dari klorofil ini menjadi alasan utama mengapa daun hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga kita perlu mencari cara untuk menyediakan daun hijau dalam program diet tubuh.

Barangkali saja, anda tidak mau makan salad di pagi hari karena keterbatasan waktu misalnya. Jadi yang bisa dilakukan adalah meminum cairan hijau atau jus hijau untuk sarapan adalah hal yang baik untuk memulai hari.

Cobalah untuk membuat cairan hijau yang mudah dengan mencampur pisang matang, buah beri yang dingin atau segar, bayam dan air atau susu almond. Hanya dibutuhkan sedikit waktu tapi akan tetap menjaga anda berenergi dan menyediakan tubuh anda kebutuhan nutrisinya.

3. Olahraga

Tak diragukan lagi, bahwa olahraga di pagi hari sangat menguntungkan untuk keehatan mental dan fisik, produktifitas, suasana hati, serta umur panjang. Jika olahrata secara teratur tidak bisa dilakukan karena takut olahraga, maka sangat penting untuk menemukan aktifitas pagi hari yang disukai untuk dilakukan.

Apakah anda menyukai yoga, menari, berjalan, bermain tenis, berenang, pilates, bersepeda atau mengangkat beban? Maka lakukanlah hal-hal yang menyenangkan itu.

Olahraga juga meningkatkan fungsi kognitif otak yang sangat vital fungsinya untuk menjadi sukses dan membuat keputusan yang tepat. Diatas itu semua, olahraga sangat positif mempengaruhi aliran gula darah yang membuat Anda lebih energik, dan pada akhirnya lebih produktif.

4. Meditasi

Ritual pagi hari berikutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan meditasi. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi membantu mengeluarkan stress dan membantu Anda berfikir peuh tentang cara Anda akan menggunakan waktu berikutnya.

Di atas semua itu, meditasi memiliki banyak manfaat kesehatan. Misalnya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengurani rasa sakit dan imflamasi pada tingkatan sel. Selain itu, meditasi bisa menaikkan kebahagiaan dan kontrol diri Anda.

Meditasi bisa dilakukan dengan meluangkan waktu setidaknya sepuluh sampai 15 menit setiap hari untuk duduk dalam diam dan damai. Meditasi seperti akan akan membuat Anda merasa lebih membumi, menyatu dengan diri sendiri dan merasa lebih sadar sepanjang hari. Aktivitas seperti ini akan membawa Anda pada pembuatan keputusan yang lebih baik, lebih produktif dan lebih bahagia.

5. Buat perencanaan kerja sebelum menjalani hari

Banyak orang yang hanya bereaksi terhadap apa yang akan terjadi dengan jalannya hidup (atau apa yang ada di email masuk). Jika itu yang Anda lakukan, berarti Anda bukan penguasa waktu dan hidup Anda. Yang harus Anda lakukan adalah harus lebih pro aktif dan membuat rencana ke depan untuk menjalani hari.

Ada banyak cara untuk melakukan pengaturan waktu. Jadi Anda harus memilih salah satunya yang bisa Anda lakukan. Anda harus memastikan bahwa Anda tahu benar apa tujuan dari apa yang Anda lakukan hari ini dan jangan biarkan orang lain melakukan hal yang tidak sesuai rencana.

Salah satu tip penting yang bisa Anda lakukan adalah jangan buka email Anda selama seharian (kecuali, untuk pekerjaan yang membutuhkan email). Selain itu, cobalah habiskan sedikit waktu sebisa mungkin jika memang Anda harus membuka email.

Pada saat membuka email, responlah hanya ada hal-hal yang penting. Hapus pesan yang tidak relevan dan pindahkan email yang harus Anda tangani pada waktu berikutnya pada folder yang berbeda. Sangat penting untuk menjaga program email Anda kosong. Hal ini penting untuk menghindari Anda dari hal-hal yang menggangu dan tetap fokus pada pekerjaan yang ditangani. (joe)