Sekarang, mengatasi kebotakan bisa menggunakan kopi

Belum banyak diketahui bahwa kopi yang menjadi minuman favorit banyak orang ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan kebotakan. Caranya unik, tidak dengan meminum kopi itu tapi menggosokkan kopi langsung di kepala.

Hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Dermatologi Inggris, seperti dilansir news.com.au membuktikan kafein sebagai obat perawatan kebotakan.

Penelitian lainnya yang dilakukan Universitas Lubeck Jerman yang didanai oleh hibah penelitian dasar dari perusahaan Dr. Kurt Wolff juga memunculkan hasil penelitian hampir sama.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa saat Anda memperlakukan ekstrak rambut organ manusia pada kepala seseorang dan dikombinasikan dengan testosterone dan kafein dalam tabung reaksi, kafein membuat rambut tumbuh lebih cepat.

rambut botak
Kepala botak

Secara khusus, kafein bekerja untuk menyerang efek testosterone yang menyebabkan kebotakan. “Study ini mengungkapkan efek terdorongnya pertumbuhan baru oleh kafein pada kantung rambut manusia dalam subyek dua jenis kelamin pada tingkat yang berbeda (molekuler, selluer dan organ),” kata peneliti.

Untuk mempromosikan obat kafein, Dr. Adolf Klenk dari Perusahaan Dr Wolf di Australia, mengatakan, ilmuwan memiliki ketertarikan terhadap kekuatan kopi untuk menumbuhkan rambut ketika hal ini dilarang oleh badan doping olahraga sampai 2004.

Dr Adolf Klenk mengatakan pihaknya mengetahui kopi bisa merangsang akar rambut serta berada pada daftar obat anti doping. Rambut membutuhkan banyak energi selama fase pertumbuhan dan kafein menyediakan energi itu sehingga kafein sebagai daftar obat anti doping itu terbukti.

Dr Klenk mengatakan Anda bisa mencoba meminum kopi secukupnya untuk mendapatkan efek yang sama tapi Anda tidak perlu mengonsumsi 40-50 gelas kopi sehari, setiap hari. “Jika minum 50 kopi sehari akan seperti racun buat Anda,”kata Dr Klenk.

Itulah mengapa ilmuwan telah membuat sampo dari konsentrat kafein.Dr Klenk mengaku jika Anda mencuci rambut dengan konsentrat kafein, rambut rontok anda akan berkurang hingga 20 persen.

“Ketika seseorang berkepala botak maka sebenarnya sudah terlambat,jika akar rambutnya mati dan Anda tidak bisa menghidupkannya lagi,”kata Dr Klenk.

Untuk itulah, kata Dr Klenk orang harus menghidupkan akar rambut sedini mungkin jika merasa sedang mengalami kebotakan.

Orang yang telah berusia diatas 18 tahun harus menyisir rambut diatas wastafel kamar mandi dan menghitung berapa rambut yang rontok “Jika ada lebih dari 50 rambut rontok sehari, Anda bisa jadi akan mengalami botak,”kata Dr Klenk.

Menggunakan sampo kafein dari sejak dini akan membantu menjaga akar rambut aktif dan pertumbuhan rambut. “Perawatan ini juga bisa dilakukan untuk wanita.,” kata Dr Klenk.(Joe)