Ini alasan cakram rem kenapa berlubang-lubang

Semua pemilik motor maupun mobil sport sudah mahfum dengan kondisi cakram rem yang dibuat dengan bentuk berlubang-lubang. Pelaku industri otomotif mengatakan bentuk tersebut memiliki fungsi khusus.

GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M.Abidin mengatakan, lubang pada rem tidak hanya memiliki satu fungsi saja misalnya untuk mengurangi panas logam saat pengereman berkali-kali.

“Ada fungsi lainnya yaitu untuk mengurangi bobot dan memperluas penampang pelepasan panas saat mengerem,” kata M.Abidin seperti yang dilaporkan otoasia.com, Senin (7/9).

Cakram rem motor sport
Cakram rem motor sport. (Berlianmotor.com)

Selain itu, diameter piringan dan lebar kampas menentukan besarnya tenaga pengereman. Bentuk bentuk cakram pada setiap motor sudah disesuaikan dengan fungsinya. Demikian pula dengan kekuatan pengeremannya yang sudah disesuaikan

Cakram rem pada motor pun dibuat dari bahan khusus. Tidak hanya besi, tetapi berupa campuran dan satu pelapis lain yang membuatnya punya daya tahan baik. Materialnya terbuat dari campuran besi dan SUS (stainless).

“Perpaduan ini dilakukan agar cakram kuat dan tidak berkarat sehingga rem pun tidak mudah ngelos,” kata M. Abidiin.