Bingung mengepak barang untuk berwisata? Begini caranya

Ada dua jenis travelers di dunia ini yaitu mereka yang mengemas sedikit barang dan mereka yang ingin membawa banyak barang yang mereka punya. Yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan apapun yang dibutuhkan pada tempat yang sedikti mungkin.

Beriktu adalah tip mengemas barang bagi Anda yang ingin bepergian seperti yang dirilis oleh ASTA (American Society of Travel Agents) seperti yang dilansir oleh travelsense.org

Daftar pengepakan barang-buat rencana dan ikuti

Seperti arsitek yang merencanakan bangunan, Anda harus merencanakan apa isi koper dengan mengkreasi daftar barang yang akan di-pack-ing yang mampu mengurangi kepanikan saat-saat akhir packing. Perencanaan ini juga berfungsi sebagai panduan praktis dalam mengemas ulang saat akhir perjalanan. Selain itu juga bisa memberi keuntungan jika terjadi kemalangan seperti barang hilang atau bagasi yang dicuri.

Saat merencanakan pakaian yang akan Anda bawa, pertimbangkan acara yang akan Anda ikuti dalam satu hari penuh baik siang maupun malam. Tulis busana yang bisa dikenakan pada setiap kesempatan acara tersebut.

Periksa ulang pengepakan barang yang Anda lakukan untuk menentukan apakah bisa satupasang pakaian dapat digunakan untuk kegiatan yang beragam. Pilih pakaian yang telah direncakan akan dipakai berdasarkan pada warna-warna pengganti.

Periksa perkiraan cuaca tempat tujuan dan buat rencana yang sesuai. Juga pastikan untuk tahu tradisi lokal dimana mengenakan kaos untuk makan malam tentu kesalahan serius. Sedangkan untuk kebanyakan aktifitas diluar ruang, pakailah pakaian berlapis.

Lupakan mengenakan gauh untuk semua kesempatan. Sekarang jamannya sudah tidak lagi mempersoalkan dress code dan longgar saja untuk wisatawan dalam hal berpakaian. Gaun hitam atau jaket biru bisa membawa Anda pada hampir semua acara makan malam dan tempat bermain.

Mengepak barang
Mengepak barang

Tip packing barang: Mau packing atau tidak. Itu pertanyaannya.

Jika memang pakaian yang mau dibawa sudah direncanakan, maka ikutilah. Saat pengepakan, perlihatkan semua item yang Anda niatkan untuk dibawa dan uji lagi daftar pengepakan Anda. Jika mungkin, Singkiran penggunaan item tunggal dan berlebih.

Pinggirkan barang-barang yang ingin Anda bawa dan pastikan bahwa barang-barang itu bersih dan siap untuk di-pack-ing. Hubungi agen travel Anda tentang fasilitas kamar hotel seperti alat pengering rambut, setrika dan papannya, sabut, sampo,dll sehingga Anda tahu barang-barang apa yang bisa ditinggal.

Perhiasan. Jangan pakai apapun yang Anda tidak mau itu hilang. Tinggal saja barang-barang berharga berpendar yang bisa menarik perhatian pencuri. Bawa make up sewajahnya untuk menyisakan ruang didalam koper. Tinggalkan saja parfum Anda saat lotion beraroma sama-sama bisa digunakan dengan baik.

Mengenai alat mandi. Perlengkapan perjalanan adalah jawabannya. Memiliki perlengkapan perjalanan yang selalu disimpan pada bahan anti air akan mengamankan waktu pengepakan sebelum perjalanan dan rasa jengkel setelah tiba.

Sebagian item perlengkapan mandi pribadi dapat dicari pada saat melakukan perjalanan yang tidak mahal. Jadi beli perlengkapan itu saat Anda melihat mereka agar tidak datang dengan botol setengah kosong dari gel rambut favorit Anda.

Dan jangan penuhi botol hingga paling atas, untuk tekanan didalam pesawat yang mungkin memaksa isi bisa meluas dan meluap. Dengan setiap item yang Anda ingin bawa, gambarkan bagaimana agar bisa terlihat lebih kecil, seperti memfoto kopi sejumlah lembar dan map dari buku petunjuk daripada membawa semua buku.

Garis bawahi kebiasaan sehari-hari Anda. Bawa saja satu botol dari semua lotion yang diingini daripada berbagai lotion untuk tangan, wajah dan tubuh. Pilih sikat gigi atau alat cukur biasa ketimbang yang model elektrik.

Film dan asesoris lain dapat dibeli secara umum dan gampang, jadi simpan ruang pengepakan dengan meninggalkan mereka. Buat petualangan dalam perjalanan dan temukan hal yang lebih tentang area dengan berbelanja barang lokal dari deodorant atau lotion.

Saat terjadi hal-hal yang tidak diduga, beberapa item jelas tidak akan terpakai. Item penting yang harus dibawa termasuk P3K, sedikit aspirin, tabir surya, botol kecil Woolite untuk gawat darurat, laundry dalam ruangan jika diperlukan.

Juga pisau yang Anda bawa akan membantu Anda dengan fungsi gunanya, apakah mengelupas buah atau melepas botol anggur. Ingat-hal itu tidak diperkenankan didalam pesawat, jadi simpanlah di bagasi pemeriksaam bagasi.

Ketika perlengkapan perjalanan Anda komplit, pastikan untuk mengepaknya pada tas yang selalu Anda bawa untuk menghindari kekacauan pada bagasi pemeriksaan bagasi dan bawa di tangan saat di pemeriksaan bagasi.

Seni Packing barang

Sekarang Anda tahu apa yang akan dibawa. Jadi pengepakan barang bisa dimulai. Setrika semuanya sebelum barang-barang dimasukkan ke dalam koper. Jika hasilnya kering dan bersih, Nanti saat dikeluarkan dari koper juga sama. Kancingkan semua kancing baju.Rislitingkan semua risliting.

Belajar melipat. Berlatih melipat seperti yang dlakukan pegawai toko pakaian itu-mereka menggunakan cara itu dengan sejumlah alasan. Semakin bagus lipatan pakaiannya, makin sedikit kerutan.  Semua pakaian bisa dilipat dengan berbagai cara. Kaos, jeans, rok dan  dapat dilipat dan bebas diposisikan diatas tas wisata. Metode saling mengunci saat melipat pakaian ideal untuk koper.

Tumpang tindihkan dua pakaian yang rata lalu lipat mereka menjadi satu bagian sehingga setiap masing-masing bantalan yang lain untuk membantu agar pakaian tidak keriput.  Lakukan pengepakan dengan kuat. Pengepakan yang salah membuang tempat berharga dan membuat pakaian berkerut. Hindari buang-buang tempat, seperti disisi dalam sepatu, yang cocok untuk sepatu atau celana dalam.

Selalu membawa dokumen perjalanan, obat-obatan, perhiasan, cek perjalanan, kunci dan dan benda-benda berharga lainnya pada bagasi bawaan Anda. Barang-barang seperti itu, jangan sampai di pak di bagasi yang diperiksa.

Beri label pada setiap barang yang ada di bagasi, baik yang ada di dalam maupun diluar, dengan nama dan nomor telpon Anda, tapi jangan menulis alamat rumah Anda. Jika memang alamat rumah diperlukan, tulis saja kantor Anda. Dan buang klaim cek lama untuk menghindari kebingungan.

Bongkar selengkap mungkin dan segera mungkin setelah Anda tiba di hotel untuk mencegah kerut selanjutnya. Saat kembali pengepakan,jangan lupa untuk menggandakannya. Pakaian kotor mengambil lebih banyak tempat daripada pakaian yang dilipat rapi, jadi packing ulang pakaian yang sudah Anda gunakan sama seperti cara mengepak pakaian biasanya.