Ingin berwisata ke luar negeri? Ini 10 tip untuk Anda

Ambil foto sebanyak-banyaknya
Ambil foto sebanyak-banyaknya

Mathew Karsten, traveler dari Miami (AS) yang telah menjual harta benda yang ia miliki dan meninggalkan AS untuk berkeliling dunia. Saat ini, Mathew Karsten tengah merayakan tahun ke-4 berkeliling dunia yang ia lakukan.


Mathew Karsten mengawali keliling dunia saat ia pengambil penerbangan langsung dari Miami ke Guatemala City dengan membawa rasa gugup yang meningkat menuju daerah yang tak ia kenal sebelumnya dan meninggalkan banyak hal di belakang dan memulai epik petualangan mengelilingi dunia.

Berikut sepuluh tip berwisata ala Mathew Karsten seperti yang telah di tulis di expertvagabond.com:

1. Sabar adalah segalanya

Jangan memusingkan hal-hal yang tidak bisa Anda kontrol. Hidup terlalu singkat untuk marah dan kesal setiap waktu. Bagaimana jika ketinggalan bus? Jangan khawatir, akan ada bus yang lainnya lagi. ATM tidak ada duitnya? Asyik. Ambil perjalanan tanpa rencana menuju kota berikutnya dan jelajahi. Kadang-kadang keganjilan terjadi begitu saja. Ambil nafas panjang dan ingatlah pada diri sendiri bahwa apa yang akan terjadi bisa saja buruk.

2. Bangunlah pagi-pagi
Bangun pada saat matahari terbit untuk mendapat peristiwa menarik untuk Anda sendiri sambil menghindari keramaian. Ini juga menjadi waktu yang ajaib untuk mengambil foto mengingat cahaya yang lembut menyebar.dan biasanya lebih mudah berinteraksi dengan warga lokal.

Selain itu, area gambar tidak begitu berbahaya pada pagi hari. Orang-orang yang bekerja keras dan jujur bangun lebih awal; saat dimana calo, penipu dan menjahat masih tidur.

3. Tertawalah pada diri sendiri

Sungguh Anda akan sering terlihat bodoh saat berwisata ke tempat yang baru. Dari pada harus merasa malu, tertawakanlah diri Anda sendiri. Jangan takut untuk berantakan, dan jangan terlalu menilai serius dengan hidup.

Mathews Karstern bercerita pada suatu saat, saat ia berada di dalam bus yang penuh dengan orang Guatemala, mereka tertawa geli saat saya memaksa sopir untuk berhenti sehingga ia bisa buang air kecil yang sudah tidak bisa ditahan dipinggir jalan. Saat kembali ke bus dan tertawa dengan mereka memberinya teman baru untuk diingat dalam perjalanan.

4. Simpan uang lebih.

Uang adalah raja dunia. Untuk melindungi Anda dari hal-hal darurat, pastikan untuk menyimpan sejumlah uang pada sejumlah tempat berbeda. Mathews merekomendasikan untuk menyimpan uang lebih yang dianggap cukup.

Jika Anda kehilangan dompet, kartu ATIM tidak bisa digunakan atau ATM kehabisan uang, Anda pasti akan senang jika sudah menyimpan uang lebih.

Beberapa titik yang bisa digunakan untuk menyimpan uang lebih adalah pada kaos kaki, dibawah sepati, tas toilet, di sekitar bingkai tas traveling kita, bahkan pada jahitan belakang tas Anda. Selain itu, pastikan juga sistem bank wisata anda sudah diatur juga sebelumnya.

Ambil foto sebanyak-banyaknya
Ambil foto sebanyak-banyaknya saat berwisata

5. Temui warga lokal

Berusahalah untuk tidak bertemu degan travelers lain dari waktu ke waktu dan mulai berbincang dengan warga lokal. Bahasa Inggris dasar bisa digunakan di seluruh dunia, jadi sebenarnya ini lebih mudah berkomunikasi dengan mereka dari yang pernah Anda pikirkan, apalagi saat Anda kombinasikan dengan sikap tangan dan bahasa tubuh. Belajar dari mereka yang tingggal di desa dimana Anda kunjungi.

6.Senyum dan sapa

Punya masalah berinteraksi dengan warga lokal? Apakah orang-orang itu terlihat tidak ramah? Mungkin saja karena itu bahasa tubuh Anda. Salah satu tips traveling terbaik saya adalah buatlah kontak mata dan senyum ketika Anda berpapasan. Jika mereka membalas senyum, ucapkan ‘halo’ dalam bahasa lokal mereka juga. Ini adalah cara cepat memiliki teman-teman baru.

Anda tidak bisa mengharapkan setiap orang berjalan-jalan dengan wajah bodoh yang menyeringai pada wajah mereka. Itulah pekerjaan Anda. Biasanya semua yang Anda diperlukan adalah inisiasi untuk membuat kontak dan mereka akan meresponnya.

7. Teliti kehidupan sehari-hari

Jika Anda ingin benar-benar merasakan denyut nadi tempat yang dikunjungi, Anda bisa menghabiskan beberapa jam duduk di taman atau di pojok jalan yang sibuk sendirian hanya untuk melihat hari per hari dari kehidupan yang terjadi didepan Anda.

8. Bawalah sarung

Selain syal, bawa juga sarung yang punya banyak kegunaan didalam banyak penggunaan yang berbeda. Sarung bagus untuk melindungan sinar matahari, bisa digunakan sebagai handuk, membawa barang-barang di sekitar, tutup mata.dll.

9. Gandakan barang

Saat komputer laptop Mathew tercuri di Panama, menggandakan semua dokumen dan foto pentingnya akan menyelamatkan Mathew. Pastikan kopian bentuk fisil dan digital dari paspor, visa, SIM, kartu asuransi kesehatan, nomor seri, nomor telpon penting sudah dibuat kalau-kalau ada masalah gawat.

10. Ambil banyak foto

Anda mungkin hanya melihat tempat-tempat yang Anda kunjungi dan bertemu dengan orang-orang disana hanya sekali dalam seumur hidup. Ingatlah mereka selamanya dengan sebanyak mungkin foto. Jangan khawatir kalau terlihat seperti “wisatawan”.

Apakah Anda berwisata untuk terlihat keren? Tak ada yang peduli soal itu. Foto-foto yang bagus adalah souvenir yang menentukan.