Land Rover demonstrasikan teknologi spion mobil transparan

Teknologi Spion Mobil Tembus Pandang
Teknologi Spion Mobil Tembus Pandang

Penciptaan teknologi baru untuk kaca spion bagian dalam mobil yang bisa terlihat transparan sedang dikembangkan para peneliti dari produsen mobil dari Inggris, Land Rover.

Dari rilis oleh Autoguide.com yang  dilansir Metrotvnews.com, Senin (7/9) didapatkan keterangan para peneliti menerapkan teknologi spion tembus pandang ini dengan mengembangkan sistem kamera inovatif dengan tujuan menghapus blind spot saat kendaraan melihat obyek besar yang ada didepan kendaraan.

Teknologi Spion Mobil Tembus Pandang
Teknologi spion mobil transparan Landrover. (Autoguide.com)

Teknologi yang masih purwarupa tersebut sudah didemonstrasikan di Burghley House Trials, Coventry, Inggris disebut sebagai purwarupa Transparent Trailer System (TTS). Purwarupa TTS ini mengombinasikan video feed yang berada di sistem kamera surround kendaraan dengan video dari kamera nirkabel digital yang diletakkan pada bagian belakang kendaraan atau apapun yang sedang diderek.

Dr Wolfgang Epple, Director of Research and Technology at Jaguar Land Rover menjelaskan saat mendahului mobil didepan Anda, lalu secara naluri Anda akan melihat ke cermin mobil.

Namun jika ada obyek yang ditarik, Anda akan dibatasi dengan area tertutup. Nah proyek TTS ini meneliti bagaimana Anda bisa mendapatkan tawaran pandangan yang keluar dari kendaraan yang dibatasi oleh trailer Anda tidak peduli apa ukuran atau bentuk trailer-nya.

Diakui Wolfgang Epple, purwarupa TTS ini menawarkan gambar video berkualitas sangat tinggi tanpa distorsi mobil atau penghalang lainnya. Ini berarti pengemudi akan memiliki informasi tepat untuk membuat keputusan yang aman dan efektif saat berkendara atau manuver, membuat penarik menjadi lebih aman