Motor listrik karya anak bangsa ini, kerjasama antara Garansindo dan ITS

Keinginan masyarakat Indonesia untuk dapat memiliki motor nasional yang benar-benar merupakan hasil garapan anak bangsa, sepertinya akan segera tercapai, pasalnya dalam ajang International Motor Show 2015 yang telah digelar beberapa waktu yang lalu, Garasindo yang bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi ternama Indonesia yakni Institut Teknologi Surabaya (ITS) telah menampilkan motor garapan mereka..

Oleh sebab itu, dikutip dari Semisena.com pihak Garasindo semakin optimis dapat mewujudkan harapan yang selama ini sering didengungkan oleh pecinta otomotif Indonesia, setidaknya Garasindo mengharapkan bahwa motor listrik jenis skutik ini nantinya dapat diterima di negeri sendiri oleh masyarakat Indonesia.

Dengan bekal roda berdiameter 14 inchi dan penggerak model rantai, motor listrik jenis skutik ini pun telah dilengkapi dengan baterai jenis Li-Ion yang ditempatkan di tengah-tengah rangka untuk digunakan sebagai sumber tenaganya.

tenagakuda.com
tenagakuda.com

Kapasitas baterai yang berfungsi sebagai sumber tenaga tersebut sebesar 1.980 dengan kapasitas maksimum pengisian daya (pengecasan) sebesar 6.12 Ampere, itu artinya bila mengisi daya selama 1.5 jam maka motor listrik ini diklaim dapat melaju hingga jarak sejauh 60 km. Sedangkan untuk tenaga maksimum yang dapat dikeluarkannya, motor listrik garapan Garasindo dan ITS ini dapat menyemburkan daya maksimum sebesar 5-10 Kw pada putaran mesin 3.00 Rpm serta torsi maksimum sebesar 15 Nm.

Bila dilihat dari tampilan fisiknya, khususnya desain kerangkanya, maka anda akan merasa melihat skutik Yamaha Mio, lengkap dengan motor controller di bagian tengah rangka. Hebatnya lagi, tampilan motor ini sudah terlihat cukup modern, pasalnya sistem model touch screen sudah diterapkan untuk melihat speedometer dan juga fuelmeter.

Berbicara mengenai komponen motor listrik tersebut, Garasindo menyatakan bahwa seluruh komponen pada motor tersebut adalah karya ITS, itulah mengapa pihaknya memutuskan untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi asal Surabaya tersebut sebab mereka merasa ITS tergolong sangat siap untuk membantu mewujudkan proyek ambisius ini.

Meskipun untuk rangka dan tenaga baterai diakui Garasindo masih merupakan produk impor namun setidaknya lima komponen penting pada motor listrik ini memang merupakan hasil karya ITS.