Produk makanan lokal vs makanan organik. Mana yang lebih baik

produk makanan lokal
produk makanan lokal

Salah satu persoalan etika yang besar di dunia masak memasak saat ini berpusat pada bagaimana kita harus memelihara tubuh. Di dunia dimana makin banyak saja makanan kita diproduksi oleh industri dengan menggunakan tambahan zat kimia dan pestisida, banyak orang yang telah beralih pada makanan produk organik.


Produk makanan organik berkembang terbebas dari bahan kimia sehinga rasanya lebih baik, lebih kaya dan lebih dekat alam seperti yang dimaksudkan. Namun demikian, ahli masak dan pengelola restoran mungkin harus berfikir ulang mengenai loyalitas mereka terhadap produk organik.

Pasti, hidup pada daerah yang iklimnya moderat agak lebih mudah bagi restoran dan para ahli masak untuk mendapatkan produk organik dari pasar petani serta penyedia lokal. Tapi hal yang sama tidak bisa dikatakan bagi wilayah yang sangat jaugh dari persediaan makanan alami.

Sejauh mana Anda akan memanfaatkan produk organik?

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang berasal dari tempat yang jauh untuk sampai ke tujuan tidak hanya menggunakan bahan bakar agar bisa sampai disana (yang mana, tentu saja ini terdengar sangat tidak peduli lingkungan), tapi mereka biasanya juga diambil sebelum matang sempurna dan djual lama setelah panen.

Solusi terbaiknya adalah membeli makanan lokal dan organik sekaligus jika memungkinkan. Jika hal itu bisa dilakukan, Anda akan mendapatkan hal baik dari dua dunia itu: lezat, produk tumbuh alami tanpa racun kimia yang mengkhawatirkan, makanan tumbuh didekat tempat perdagangan, mengurangi jejak karbon, mendukung komunitas lokal serta makan sesuai musim produk tanamannya.

produk makanan lokal
produk makanan lokal

Pilihan yang sulit: Organik atau makanan lokal?

Sayangnya, persoalan etik makan produk organik sudah meluas melebihi batas wilayah yang mengakibatkan persoalan cuaca yang makin besar. Misalnya saja, ada daerah yang warganya yang memakai produk organik yang berarti harus membeli produk yang pengirimannya dari jarak jauh.

Restoran yang ingin membeli stroberi organik sebelum varietas lokal tersedia harus mengandalkan pada pengiriman stroberi dari cuaca yang berbeda. Pasti, produk itu akan terbebas dari pestisida dan telah memenuhi standard yang ada. Tapi isu jejak karbon dioksida yang dihasilkan dari proses pengangkutan juga harus menjadi pertimbangan.

Pikirkan musiman, pikirkan lokal
Generasi yang lebih tua akan mengatakan kepada Anda betapa senangnya telah tumbuh dewasa dan menunggu musim tomat dan asparagus. Hari ini, semakin banyak saja produk yang tersedia sepanjang tahun; konsekuensinya, restoran menawarkan produk dari semua tempat.

Ini mungkin saatnya untuk melangkah mundur dan berfikir ulang perilaku kita terhadap makanan. Mungkin, bukan hanya sekedar menyediakan tren kuliner terkini, melayani produk musiman, produk yang diproduksi secara lokal harus diabadikan sebagai tulang punggung dari pendekatan kuliner modern.