Trik sederhana mempertahankan performa mobil Anda

Seiring dengan bertambahnya usia, performa mobil biasanya akan mengalami penurunan. Namun,  persoalan tersebut bisa dicegah, setidaknya dapat diminimalisir jika perawatan rutin dilakukan secara konsisten. Bahkan, tidak jarang mobil yang usianya lebih tua memiliki performance yang lebih sempurna dibanding mobil yang usianya lebih mudah, disebabkan karena sang pemilik  rajin melakukan maintenance.

Perawatan terhadap mobil sebenarnya bukan persoalan yang sulit, bahkan simpel dan sederhana, karena tidak butuh pengetahuan khusus tentang otomatif secara total. Cukup dengan menjaga kondisi beberapa bagian yang terdapat pada mobil, maka performance mobil bisa dipastikan akan senantiasa terjaga. Berikut bagian-bagian mobil yang butuh perawatan sederhana:

hankook-in
oto.detik.com

Ban

Perbedaan stabilitas laju mobil akan sangat terasa karena pengaruh dari ban. Untuk itu, perhatikan permukaan ban, apakah sudah mulai halus dan rata, atau masih cukup layak untuk dipakai. Hal ini juga untuk menjaga keselamatan pengendara, dari kemungkinan yang tidak diinginkan. Jika ban memang perlu diganti, usahakan untuk tidak menundanya. Pilih ban dengan jenis, ukuran, tingkat kekerasan serta kepadatan yang cocok dan direkomendasikan untuk mobil Anda.

Velg

Velg

Mengganti velg lama dengan velg alloy sangat direkomendasikan bagi pemilik mobil. Hal ini tidak sekedar untuk menunjang penampilan atau sekedar gagah-gagahan, tapi untuk meningkatkan performa mobil agar dapat melaju dengan sempurna. Sebab, velg alloy utamanya yang aftermarket, dapat meminimalisir momen inersia rotasional yang dapat membuat laju mobil terasa lebih berat disebabkan torsi yang dibutuhkan lebih besar.

Kampas

Kampas rem menjadi salah satu bagian dari mobil yang perlu dirawat secara intensif, karena kenyamanan pada saat mobil direm ditentukan oleh kondisi kampas rem. Jika kampas sudah lama tidak diganti, dan aus termakan usia, bisa dipastikan pada saat dilakukan pengereman akan terdengar suara kasar yang mengganggu telinga dari bagian bawah ban.

Setir

Setir
rentalmobil.web.id

Untuk para pemilik mobil yang dibuat sebelum tahun 1990-an, sangat disarankan mengganti steering wheel dengan Momo. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk alasan modis, tapi juga untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, karena handlegrip pada Momo lebih ringan dan lebih stabil.

Oli

mobildaihatsumalang.com
mobildaihatsumalang.com

Jangan menunggu waktu service datang untuk mengganti oli. Jika memang sudah waktunya diganti karena telah menempuh ratusan kilometer, segera ganti oli mobil Anda. Selain itu, jangan sayang untuk membeli oli dengan kualitas yang lebih baik, meski dengan harga yang lebih mahal, karena oli yang berkualitas baik lebih dapat dipercaya dalam menjaga performance mobil.

Filter

Keberadaan filter selain untuk mereduksi kotoran, baik debu, tanah maupun polusi lainnya, juga untuk mendongkrak power mobil sehingga hempasan mobil menjadi lebih kuat. Untuk itu, lakukan perawatan secara intensif terhadap filter, agar laju mobil tetap sempurna.

Eksterior

Meski tidak berpengaruh langsung pada performa mobil, perawatan eksterior perlu dilakukan agar mobil senantiasa memberi kenyamanan. Untuk itu gunakan shampoo yang tepat pada saat mencucinya dan gunakan wax atau polish guna meminimalisir pengusaman warna karena penggunaan rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *