5 Hal penting yang perlu diperhatikan saat baru beli mobil

Memiliki mobil baru tentunya merupakan momen yang menggembirakan, namun bukan berarti mobil yang baru kita beli itu benar-benar dalam kondisi yang sempurna, sebab meskipun telah melewati masa-masa quality control yang sangat ketat, munculnya beberapa kerusakan sistem masih sangat mungkin dapat terjadi.

Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa hal yang sangat perlu anda perhatikan ketika menggunakan mobil baru setidaknya sampai mobil tersebut dipakai hingga 1000 km pertama :

  • Pastikan semua komponen mobil berfungsi dengan baik

Saat mobil baru sudah ada di tangan anda, maka sebelum digunakan, sebaiknya anda memeriksa semua komponen mobil dengan lebih teliti, contohnya seperti komponen lampu, rem, kopling, transmisi, wiper, dan lain sebagainya. Pastikan semua komponen penting dari sebuah mobil dapat berfungsi dengan baik.

  • Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil

Umumnya, ketika mengirimkan mobil, maka pabrikan akan memberi tekanan angin maksimal pada seluruh roda, nah, hal seperti ini biasanya tidak terlalu diperhatikan oleh dealer, sehingga ketika sampai ke tangan konsumen pun, tekanan angin pada ban mobil tersebut masih terasa terlalu keras. Oleh sebab itu, ketika mobil baru sudah anda dapatkan, maka segera sesuaikan tekanan angin pada ban dengan menggunakan patokan yang direkomendasikan oleh produsen.

  • Usahakan untuk selalu menjaga putaran mesin

Umumnya, tingkat presisi tinggi sudah dimiliki oleh setiap mobil baru, tetapi bukan berarti penyesuaian antar komponen yang bergerak di dalam mesin tidak dibutuhkan. Maka dari itu, agar seluruh komponen mesin dapat berjalan selaras satu sama lain hingga mampu mencapai kondisi optimal, sebaiknya anda berkendara dengan lembut terlebih dahulu.

Usahakan pula untuk selalu menerapkan variasi kecepatan saat mobil digunakan hingga menempuh jarak 1000 km pertama.

  • Pelajari dan pastikan fitur mobil dapat berfungsi dengan baik

Setiap mobil tentunya memiliki fitur yang berbeda-beda tergantung dari tipe dan harganya, oleh sebab itu agar mobil dapat digunakan dengan lebih optimal sebaiknya anda mempelajari semua fitur yang ada pada mobil anda lewat buku panduan yang anda terima bersamaan dengan mobil tersebut, dan pastikan semua fitur tersebut berfungsi dengan baik.

  • Lakukan servis ketika mobil sudah menempuh jarak 1000 km pertama

Hindari untuk mengabaikan servis mobil 1000 km pertama, sebab pada saat itu, seluruh komponen mulai dari segi eksterior, mesin hingga interior akan diperiksa secara menyeluruh oleh mekanik yang bekerja di bengkel resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *