Agar kaca mobil tidak berembun, begini cara mencegahnya

Musim hujan bagi para pemilik kendaraan roda empat kerap menjadi persoalan tersendiri. Untuk mobil yang kerap dipakai keluar rumah, sudah barang tentu harus lebih sering mencucinya, karena terpaan air hujan dan lumpur yang diterjang selama di perjalanan akan membuat tampilan mobil tidak sedap untuk dipandang. Ditambah lagi risiko karat jika pemiliknya malas mencucinya.

Persoalan tidak hanya menerpa mobil yang kerap dipakai ke luar rumah, mobil yang nongkrong di garasi pun juga terkena dampak negatif dari musim hujan akibat meningkatnya kelembaban udara. Dampak tersebut berupa bintik-bintik embun yang membasahi kaca, serta bau tidak sedap yang tercium saat pintu mobil dibuka.

img_2129-medium

Persoalan tersebut sebenarnya tidak terlalu serius, karena untuk membersihkan kaca mobil dapat dilakukan dengan menggunakan kain lap atau kanebo, dan untuk bau tidak sedap, dengan sendirinya akan hilang begitu mobil dipacu.

Namun, jika persoalan tersebut bisa dicegah, bukankah akan lebih baik, karena kita tidak direpotkan lagi membersihkan kaca mobil serta tidak harus mencium bau yang menusuk. Apalagi cara mencegahnya sangat mudah dan tidak butuh biaya yang mahal.

Untuk mengusir kelembaban udara di dalam mobil yang menjadi penyebab kaca berembun dan bau tidak sedap, bisa dilakukan dengan hanya memanfaatkan kaos kaki serta pasir silika yang lebih populer dengan sebutan pasir kucing. Bagi mereka yang memelihara kucing, pasir tersebut tentu sudah tidak asing lagi. Tapi untuk mereka yang belum pernah tahu bentuk dari pasir silika, dapat membelinya di toko-toko petshop dengan harga yang murah.

Setelah kaos kaki dan pasir silika disiapkan, masukkan pasir tersebut ke dalam kaos kaki hingga hampir memenuhi seluruh bagiannya. Untuk mencegah agar pasir tidak berceceran, gunakan kaos kaki yang sebelah untuk menutup bagian atas kaos kaki yang berisi pasir. Rekatkan kedua kaos kaki yang telah menyatu tersebut dengan selotip hingga benar-benar kuat.

Selanjutnya, letakkan kaos kaki yang berisi pasir silika tersebut di bawah bangku atau pada dashbor mobil, dan buktikan, keesokan harinya mobil Anda akan terbebas dari udara lembab, dan tidak akan Anda temui lagi bintik-bintik embun di kaca serta tidak tercium lagi bau yang menyengat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *