Begini cara yang benar mencuci motor injeksi

Cukup dengan hanya berdiri di pinggir jalan, siapapun akan tahu bahwa motor dengan tekhnologi injeksi kini semakin menggeser motor yang menggunakan karburator. Penyebabnya memang cukup kompleks, tapi yang jelas karena motor injeksi memiliki sejumlah keunggulan diantaranya adalah: responsif, lebih irit dalam pemakaian BBM, dan lebih ramah lingkungan.

Meski motor injeksi kini lebih banyak dipilih, namun masih belum banyak yang tahu, seperti apa dan bagaimana cara memperlakukan motor injeksi. Pada umumnya para pemilik kendaraan bermotor roda dua masih memperlakukan motor injeksi mereka sama dengan memperlakukan motor karburator. Padahal hal tersebut jelas salah, dan kesalahan itu jika dibiarkan berlarut bukan tidak mungkin akan dapat merusak mesin motor injeksi.

Salah satu perlakuan salah yang masih kerap dilakukan oleh pemilik motor injeksi adalah saat mencuci motor tersebut. Mereka tidak sadar atau bahkan tidak tahu kalau perangkat yang terpasang pada motor injeksi lebih rentan terhadap air. Meski peralatan tersebut sudah dilengkapi kedap air, namun jika tidak waspada, tidak menutup kemungkinan akan basah yang buntutnya dapat merusak perangkat injeksi. Jika hal tersebut terjadi, maka tidak ada yang bisa dilakukan kecuali membeli perangkat baru untuk menggantikan yang rusak.

Di antara berbagai perangkat yang terpasang pada motor injeksi, ada 3 perangkat yang harus dilindungi pada saat motor dicuci, yaitu: throttle body, ECM, serta soket. Pada umumnya ketiga perangkat tersebut letaknya terpisah. Untuk throttle body dan soket letaknya seringkali berada di atas mesin, sehingga pada saat mencuci bagian mesin harus dilakukan dengan hati-hati. Caranya, dengan menyemprotkan air dari atas ke bawah, dan bukan sebaliknya, dari bawah ke atas.

Untuk ECM letaknya seringkali di atas spatbor belakang. Sehingga pada saat membersihkan spatbor jangan menyemprotkan air berulang-ulang. Lebih baik lagi jika spatbor diseka dengan lap atau sikat, baru kemudian dibilas dengan air agar ECM terhindar dari percikan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *