Cara menghilangkan bintik jamur di kaca mobil

Menunggu musim hujan yang tidak lama lagi akan datang, serangkaian persiapan harus sudah dilakukan oleh para pemilik mobil, guna mengantisipasi pengaruh buruk yang datang tidak diundang. Diantara pengaruh negatif yang hadir bersama datangnya musim hujan tersebut adalah munculnya bintik-bintik jamur pada kaca mobil.

Bintik-bintik jamur yang berbentuk lingkaran dengan warna abu-abu tersebut ukurannya memang kecil, tapi karena jumlahnya banyak membuat pandangan dari dalam kabin menuju keluar sedikit banyak terganggu. Apalagi saat mobil melaju di tengah derasnya air hujan, air yang menetes menimpah kaca, kecepatannya melambat saat jatuh ke bawah, sehingga pandangan pengemudi terganggu. Lebih mengesalkan lagi, bintik-bintik jamur tersebut sulit sekali dibersihkan meski sudah berulangkali diguyur air dan diseka dengan lap.

tips.autobild.co.id
tips.autobild.co.id

Karena sulitnya membersihkan bintik-bintik jamur tersebut, maka langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengantisipasi, agar kaca mobil tidak sampai dijadikan media bagi pertumbuhan jamur. Caranya, lakukan 3 langkah berikut ini:

  • Usahakan untuk sesegera mungkin membersihkan mobil setelah dipakai berkendara di bawah derasnya air hujan, dengan tujuan untuk tidak memberi kesempatan kepada kotoran dan debu menempel terlalu lama pada kaca mobil. Sebab, kotoran dan debu merupakan medium utama bagi jamur dalam melakukan penyebaran serta untuk dapat hidup dan berkembang.
  • Jaga selalu keberadaan air washer, agar sewaktu-waktu dapat dipakai untuk membersihkan kaca mobil. Karena untuk membersihkan kaca mobil tidak harus selalu bersamaan dengan saat mencuci mobil secara menyeluruh.
  • Pada saat cuaca sedang lembab, sebaiknya tidak menutup mobil dengan car cover atau selimut mobil, karena jamur akan mudah tumbuh di tempat yang lembab dan kurang cahaya. Jika memang ingin menyelimuti mobil, pastikan terlebih dahulu apakah kondisi kaca dan car cover benar-benar kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *