Begini cara menghemat BBM mobil matic saat terjebak macet

Di kota-kota besar khususnya yang memiliki populasi kendaraan bermotor yang sangat padat seperti Jakarta, kemacetan bagi para penduduknya sudah mencadi makanan sehari-hari, oleh sebab itu tak mengherankan bila permintaan akan mobil bertransmisi otomatis (matik) semakin meningkat, pasalnya mengemudikan mobil matik di jalanan macet memang cenderung lebih nyaman.

Meskipun demikian bukan berarti tidak ada sisi negatif yang dimiliki oleh mobil matik, pasalnya mobil jenis ini cenderung lebih boros bahan bakar, hal tersebut disebabkan, dalam kondisi apapun sistem transmisinya akan tetap bekerja.

pkscibitung.wordpress.com
pkscibitung.wordpress.com

Namun, sebenarnya anda masih dapat dengan nyaman mengendarai mobil matik di tengah kemacetan tanpa perlu terlalu khawatir boros bahan bakar, bila anda menerapkan cara berikut ini, yaitu dengan mengenali karakter transmisi matik yang ada pada mobil tersebut, contohnya bila sedang berada di jalanan yang macet sebaiknya anda jangan terlalu terburu-buru dalam melakukan kick down pedal gas, sebab hal tersebut malah akan memboroskan pasokan bahan bakar.

Menurut penjelasan kepala mekanik Mirza Auto Care sebagaimana dilansir oleh Okezone.com, sebaiknya bila mobil dalam posisi go, anda hanya perlu memindahkan transmisi ke ‘D’ dan biarkan mobil berjalan tanpa tambahan gas. Bila anda menerapkan cara tersebut, maka mobil memang akan berjalan cukup lambat, namun pasokan bahan bakar akan tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *