10 Negara Kecil yang Paling Berpengaruh di Dunia

10 Negara Kecil yang Paling Berpengaruh di Dunia – Masing-masing negara memiliki keunggulan tersendiri dalam beberapa bidang. Misalnya saja seperti Jepang yang lebih unggul di bidang sumber daya manusia, sedangkan Indonesia unggul di bidang sumber daya alam di wilayah Asia Tenggara.

Dengan adanya kelebihan dan kekurangan tersebut diharapkan hubungan satu negara dengan negara lain bisa saling melengkapi. Meskipun negaranya relatif kecil, tapi jangan salah mengenai pengaruhnya terhadap dunia.

Siapa sajakah mereka? Berikut 10 negara kecil yang paling berpengaruh terhadap dunia, terutama dalam hal perekonomian.

Negara Kecil yang Paling Berpengaruh Terhadap Dunia

1. Brunei Darussalam

Negara yang terletak dibagian atas pulau Kalimantan ini ternyata memiliki kekayaan luar biasa. Brunei Darussalam dianugrahi dengan minyak mentah. Selain itu pemerintah Brunei juga mengambil keuntungan dari investasi di negara Amerika dan Eropa Barat.

2. Republik Seychelles

Negara kecil selanjutnya adalah Republik Seychelles. Meski kecil dan nama negara ini tidak begitu familiar, negara berbentuk kepulauan ini menjadi paling kaya di Afrika. Hampir semua wilayah negara tersebut sudah dibangun hotel-hotel cantik di tepian pantai nan indah. Ibarat negara Monaco kecil namun berkembang

3. Luxemburg

Dengan pendapatan per kapita mencapai $80K lebih, Luxemburg sangat berpengaruh terhadap perekonomian Eropa. Minimnya inflasi pasar dan pengangguran membuat negara satu ini semakin maju dalam perekonomian.

4. Singapura

Negara yang terletak di sebelah barat Brunei Darussalam berbatasan dengan Malaysia secara teritorial ini.Berbicara negara kecil tapi kaya yang berpengaruh terhadap dunia, tentu tak lengkap jika tidak menyebutkan Singapura. Negara ini sudah dianggap sebagai pusat perekonomian dan teknologi untuk wilayah Asia Tenggara. Banyaknya investor asing yang masuk kesana membuatnya semakin berpengaruh terhadap ekonomi dunia.

5. Equatorial Guinea

Pendapatan per kapita disini mencapai $19K lebih. Penemuan minyak disinyalir memnbuat Equatorial Guinea menjadi negara terkaya kedua di Afrika. Selain itu, kekayaan tersebut juga membuatnya sangat berpengaruh terhadap dunia.

6. Qatar

Qatar masuk kedalam jajaran negara terkaya di seluruh dunia. Cadangan minyak berlimpah dan gas memegang peranan penting sebagai perekonomian di negara ini. Bahkan pendapatan per kapitanya bisa mencapai $100K.

7. San Marino

San Marino merupakan negara yang cukup maju dalam bidang pariwisata. Bahkan negara ini ditunjuk sebagai kawasan dengan tarif pajak paling rendah. Inilah alasan kenapa banyak investor asing yang tak ragu menanamkan uangnya ke San Marino.

8. Kuwait

Meskipun kecil, tapi Kuwait termasuk negara terkaya di Asia dan menjadi negara kecil paling berkuasa di seluruh dunia. Minyak dan gas menjadi ekonomi utama dari negara ini.

9. Islandia

Islandia juga termasuk negara yang cukup berpengaruh terhadap dunia. Hampir 15 % pendapatan negara ini disokong dari perikanan.

10. Botswana

Botswana adalah salah satu negara kaya di Afrika. Pendapatan paling tinggi di negara ini berasal dari sektor wisata. Namun seiring berkembangnya jaman, sekarang ini telah banyak perusahaan pengemukan sapi dan pertanian yang juga menyumbangkan pendapatan besar untuk pemerintah sekaligus dijadikan negara kecil wisata di kawasan benua Afrika.