Kerugian Jika Meninggalkan Sholat Dhuha

Kerugian Jika Meninggalkan Sholat DhuhaDhuha merupakan salah sunah yang dilakukan ketika matahari terbit setelah sholat Subuh sekitar jam 08.00 pagi hingga menjelang Dzuhur. Meskipun sholat ‘sunah’, tapi Dhuha memiliki banyak sekali keuntungan shalat dhuha bagi yang menjalankannya.

kerugian-jika-meninggalkan-sholat-dhuhaKerugian Jika Meninggalkan Sholat Dhuha

Selain membuka pintu rezeki, sholat ini juga terbukti memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh seseorang. Oleh sebab itu, akan sangat rugi apabila Anda meninggalkan sholat Dhuha saat ini. Disamping menjalankan sholat wajib 5 waktu orang yang menjalankan sholat dhuha sangatlah tidak merugi. Seperti sholat sunah lainnya, meninggalkan Dhuha Anda tak akan mendapatkan dosa, tapi jika dijalankan mendapatkan pahala besar. Lantas, apa sih kerugian meninggalkan sholat dhuha?

Kerugian Bila Meninggalkan Sholat Dhuha

1. Rezeki agak sulit

Bukannya menakut-nakuti, namun seseorang yang menjalankan sholat dhuha akan dibukakan pintu rezeki selebar-lebarnya. Berbeda dengan para umat Islam yang tak menjalankan sholat dhuha, sebab Allah tak akan membuka pintu rezeki mereka selebar orang yang menjalankan dhuha.

Rezeki tak hanya berdasarkan material seperti uang hasil kerja seharian saja. Akan tetapi lebih dari itu, rezeki juga termasuk kenikmatan dan anugerah yang diberikan Allah ketika kita masih menghembuskan nafas.

2. Tubuh akan kurang sehat

Sebelum melakukan aktivitas kerja selama seharian, sebaiknya Anda luangkan waktu 15 menit untuk melakukan sholat dhuha. Ini akan sangat penting untuk kesehatan tubuh, sebab tanpa disadari waktu 08.00 – dzuhur merupakan saat yang tepat untuk mengerakan tubuh, nah melalui sholat inilah tubuha akan lebih sehat.

Lain halnya dengan mereka yang jarang menjalankan sholat dhuha. Tak adanya aktivitas olahraga setiap pagi hari akan mengakibatkan kadar gula darah meningkat, sehingga penyakit berbahaya seperti diabetes pun muncul.

3. Mereka biasanya kurang tenang

Apakah Anda sering risau, stres, dan konsentrasi menurun saat bekerja? Jika demikian, silahkan lakukan sholat dhuha secara rutin. Jangan salah, sholat dhuha dapat membuat siapa saja menjadi lebih tenang dan berkonsentrasi.

Menurut penelitian, gerakan membungkuk ketika sholat bisa membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Oksigen yang terbawa oleh darah itupun akhirnya mampu meningkatkan kinerja otak ketika bekerja.

4. Tidak dijamin keselamatan oleh Allah

Inilah keuntungan sholat dhuha selain membukakan pintu rezeki. Yup, dhuha dapat memberi jaminan keselamatan dunia dan akhirat oleh Allah. Setiap orang yang mau melakukan sholat sunah dhuha, maka ketika ada suatu mara bahaya mereka akan diselamatkan dan dijauhkan.

Tak hanya dirinya sendiri, tapi keluarganya pun juga demikian. Lain halnya dengan orang-orang yang tak melakukan sholat dhuha. Sebab, Allah tidak menjamin keselamatannya dan keluarga. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sayang diri sendiri dan keluarga lebih baik tidak dalam kerugian maka lakukan sholat dhuha sekarang juga. Namun juga jangan sampai bolong sholat lainnya seperti sholat ashar, sholat jumat dan sholat fardu

Itulah beberapa kerugian jika meninggalkan sholat dhuha. Meskipun terlihat sepele, namun masih banyak yang meninggalkan sholat ini. apakah Anda salah satunya?