Ini dia tiga jenis warung makan di pasar Palur

Pasar tradisional selalu identik dengan keberadaan kuliner tradisional. Demikian pula dengan pasar tadisional Palur, Karanganyar yang berada di perbatasan kota Solo sebelah timur. Penelusuran Soloraya.com terhadap jenis makanan “rakyat” yang ada di pasar Palur menemukan tiga kuliner rakyat.

Lokasi tiga macam kuliner popular yang ada di pasar tradisional tersebut berada di masing-masing pojok pasar. Berikut tiga masakan kuliner rakyat yang ada di Pasar Palur

1.Bakso

Makanan bakso cukup banyak dijual di pasar Palur. Menurut penelusuran Soloraya.com ada tiga penjual bakso yang semuanya berada di sisi timur pasar Palur. Masing-masing warung makan bakso Joko Sembung, dan warung bakso Marem Gandem.

Masih ada dua warung bakso lagi yang berada di sisi timur-utara pasar.  Semua warung bakso yang berada di pasar Palur juga menjual mie ayam, serta kombinasi mie ayam-bakso (mieso). Sementara untuk minumannya, juga standar warung bakso-mie ayam yaitu minuman teh panas jeruk panas serta es the-es jeruk.

Harga bakso pada sejumlah warung bakso mie ayam di pasar Palur sekitar Rp 10.000,00. Sedang harga mieso sebesar Rp 12.500,00. Sedang untuk harga mie ayam satu porsi mencapai Rp 7.000,00.  Sejumlah warung bakso-mie ayam di pasar Palur buka mulai pukul06.00 -16.00 WIB,

2. Tahu kupat

Tahu kupat menjadi makanan rakyat yang juga ada di pasar Palur. Penelusuran Soloraya.com, ada dua  warung tahu kupat yang ada di pasar Palur. Salah satunya warung tahu kupat milik Sutarmin,warga Sukoharjo.

Satulagi warung tahu kupat di pasar Palur ada di sisi utara pasar. Harga satu porsi tahu kupat di pasar Palur Rp 3.500,00 sedang untuk minuman juga standar saja yaitu teh panas atau es teh yang harganya Rp 2.000,00 dan Rp 2.500,00.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Tahu kupat.

3. Warung makan

Warung makan yang ada di pasar Palur jumlahnya cukup banyak. Lokasinya berada di empat sudut pasar. Ukuran warung makan yang ada di pasar palur secara umum tidak cukup besar. Warung makan yang memiliki ukuran cukup luas adalah warung msksn Sumber Rejeki milik Suyadi yang berada di pojok timur-selatan.

Di warung makan ini, penikmat kuliner bisa memilih cukup banyak sayur lezat seperti mie,pare, daun singkong, gori,dll. Sementara menu lauk goreng antara lain bandeng, juga kepala ayam, dll. Sedang untuk minumannya, tersedia dalam jenis minuman dingin, hangat dan panas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *