Ini lokasi menarik untuk treking dan hiking di pesisir pantai selatan Wonogiri

Bentangan pegunungan karst yang berada d garis pantai di Paranggupito, Wonogiri tak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa tapi juga lokasi aktifitas wisata sekaligus olahraga yang menarik.

Hamparan gunung kapur di sepanjang pesisir selatan Wonogiri sangat cocok untuk olahraga petualangan sekaligus menantang seperti trekking dan hiking.

Selain itu juga bisa dijadikan rute sepeda gunung, motor trail bahkan juga off road. Semua jalur olahraga dengan menggunakan kendaraan atau tidak,  menghadirkan tantangan yang besar untuk ditaklukkan.

Jalur jalan antarpegunungan pantai ini memilki situasi yang berbeda. Ada jalur yang sudah berbentuk jalan bebatuan yang cukup lebar.

Selain itu juga ada jalur jalan yang masih berupa jalur setapak hingga jalur jalur beton berliku naik turun. Jalur pegunungan karst di pesisir selatan Wonogiri melewati sepuluh pantai yang konstruksi pegunungan kapurnya  berbeda satu sama lain.

Bentang pegunungan kapur yang cocok untuk olahraga alam ini menghampar dengan panjang hingga 10 kilometer yang melewati tiga desa yang ada di Paranggupito, yaitu Desa Gunturharjo, Desa Gudangharjo, serta Desa Paranggupito.

Olahraga gunung seperti trekking dan hiking maupun dengan menggunakan kendaraan bisa dilakukan mulai sisi barat pantai Wonogiri yaitu pantai wilayah Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu, untuk batas bentangan pegunungan di Wonogiri berada di pantai yang ada di Wonogiri berada di Pantai Banyutibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan untuk di sisi timur.

Saat ini, baru jalur jalan antarpegunungan pada tiga pantai di Wonogiri yang sudah bisa dimanfaatkan untuk olahraga petualangan yaitu jalur jalan pegunungan yang melewati pegunungan Nglojok, pantai Klothokan menuju pantai Sembukan.

Jarak pegunungan yang melewati pantai Njojogan menuju pantai Sembukan sekitar 3 kilometer. Jika ingin beraktifitas trekking, atau motor trail bisa memulai jalur perbukitan yang ada di pegunungan Nglojok dan berakhir di pantai Sembukan.

Mengapa? Karena sesampainya di pantai sembukan, sudah tersedia sejumlah fasilitas beristirahat serta membersihakn badan setelah berolahraga menyusuri pegunungan batu kapur.

Untuk mempermudah aktifitas trekking dari pegunungan Nglojok menuju pantai Sembukan, lebih baik menggunakan cara droping peserta di Nglojok kemudian baru dijemput di pantai Sembukan.

Sepanjang perjalanan melewati pegunungan dari Nglojok-Klothok-Sembukan, wisatawan dapat menyaksikan bentang alam  Samudera India pada sisi kanan pegunungan. Sementara di sisi kiri pegunungan, pemandangan pegununungan karst menjadi view yang tak kalah menarik.

Tenu saja bagi wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah itu dengan membuat swapotret (selfie) atau juga dengan memotret berkelompok (wefie).

Sementara jalur pengunungan yang melewati pantai-pantai di pesisir selatan di Wonogiri lainnya, untuk saaat ini masih berupa jalan yang dibuat para petani yang tinggal di dusun yang berada di sekitar pantai.

Treking
Rute trekking dari pegunungan Ngojok-Klothok-Sembukan.(Soloraya.com)

Dengan kondisi alam seperti ini, tantangan untuk menaklukan pegunungan yang belum memiliki jalur tracking ataupun hiking jadi lebih besar.

Apalagi bagi pecinta olahraga motor ekstrim, tentu medan jalan yang masih belum tersentuh tentu akan menjadi tantangan besar yang menarik untuk ditaklukan.

Bisa dibilang jalur antarpegunungan di pesisir pantai selatan Wonogiri sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat wisata alam Soloraya khususnya bagi pecinta aktifitas alam berupa trekking dan hiking di Soloraya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *