Nasi pecel bongko Bu Sinem, enak dan mengenyangkan

Bongko dan pecel adalah dua jenis makanan yang berbeda paling tidak dari  cara pembuatannya. Namun bila disatukan jadi pasangan menu, menjadi perpaduan yang lezat  secara rasa dan menguntungkan secara ekonomis.

Hal itulah yang dilakukan Bu Sinem lebih dari setengah abad silam dengan berdagang nasi pecel Bongko. Hingga saat ini, warung nasi pecel bongko Bu Sinem sudah berkembang dengan satu warung lagi sebagai cabangnya.

Perkara rasa, antara bongko dan pecel jelas berbeda. Bongko yang terbuat dari paduan parutan kelapa, bumbu dan tumbukan kacang tholo yang kemudian dimasak hingga matang selama satu jam, menyajikan rasa kacang tholo yang dominan: empuk-empuk enak.

Sementara kalau pecel, menghadirkan perpaduan rasa pedas dari sambal kacang dan keras-keras lembut ala bahan sayur hijau-hijauan seperti sayur mbayung, mingkir, dan sejenisnya plus kecambah (thokolan, Jawa).

bongko_
Nasi pecel bongko ala Bu Sinem. (Soloraya.com)

Kombinasi bongko, pecel dan nasi dapat memunculkan rasa kenyang yang luar biasa pada perut pecinta makanan ini. Dapat dibayangkan, satu porsi menu nasi pecel saja sudah banyak sekali isi piringnya: nasi, pecel, sambal kacang, plus makanan lain seperti mie (kalau di warung nasi pecel bongko Bu Sinem ini)

Apalagi ditambahi satu bungkus bongko, kesannya jadi overload isi piringnya. Namun tentu saja itu tidak akan jadi masalah bagi pecinta pecel bongko. Hajar saja kalau perut sudah lapar atau sudah waktunya makan siang.

Soloraya.com mengunjungi warung nasi pecel bongko Bu Sinem di Dompilan yang merupakan cabang dari warung nasi pecel bongko Bu Sinem Begajah. Di warung pecel bongko yang dikelola pasangan Ferdyan dan Suyatmi (anak Bu Sinem), nasi pecel dan bongko yang dijual sama dengan nasi pecel dan bongko di warung Bu Sinem di Begajah.

“Yang belum ada di warung ini tinggal empal dan paru. Tapi nanti kami kasih juga empal dan parunya,” kata Suyatmi kepada Soloraya.com, Senin (19/9). warung nasi pecel bongko Bu Sinem di Dompilan berada sekitar 1 kilometer arah utara dari kompleks kantor Pemkab Sukoharjo yang berada di sisi barat jalan raya Jenderal Sudirman Sukoharjo.

bongko__
Makanan pendamping nasi pecel bongko. (Soloraya.com)

Di warung nasi pecel bongko Bu Sinem di Dompilan ini harga satu porsi nasi pecel bongko adalah Rp 7.500,00. Nasi pecelnya dihargai Rp 6.500,00 sedang bongkonya Rp 1.000,00 jadi pas Rp 7.500,00. Selain nasi pecel bongko juga dijual garang asam dari daging ayam lunak tanpa tulang yang harganya Rp 11.000,00.

Di warung nasi pecel bongko Bu Sinem di Dompilan ini jugadisediakan soto daging sapi yang harganya Rp 6.500,00 untuk satu porsi. Sebagai makanan pendampingnya disajikan, lalapan, ayam goring, oseng pare, lele goreng,lele olahan, telur asin, telur olahan, telur puyuh, tempe dan tahu bacem serta aneka macam gorengan.

Harga telur asin adalah Rp 2.000,00, telur olahan matang harganya Rp 2.500,00 dan telur puyuh juga Rp 2.000,00. Lele goreng harganya Rp 6.500,00 hingga Rp 7.000,00. Ayam goreng “Kentucky fried chicken” harganya RP 6.000,00, sayap goreng Rp 4.500,00 dan ati ayam Rp 8.000,00.

Selain itu juga disajikan masakan ikan bawal yang harga per @ Rp 4.000,00-RP 5.000,00. Sedang untuk gorengannya seperti tempe, sosis, dll harganya Rp 1.000,00. Ada masakan yang harganya Rp 500,00 yaitu tahu pong.

Sedang menu minuman yang disajikan di warung nasi pecel bongko Bu Sinem masih standar seperti teh panas dan dingin, jeruk panas dan dingin dengan harga antara Rp 2.000,00 hingga Rp 3.000,00.

bongko
Warung nasi pecel bongko Bu Sinem Dompilan. (Soloraya.com)

Jika anda penggemar makanan pecel dan ingin menikmati menu lain dari nasi pecel, bisa datang ke warung nasi pecel bongko Bu Sinem di Dompilan atau juga warung utamanya di Begajah. Bisa dipastikan, rasa lapar anda langsung lenyap berganti rasa kenyang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *