Setahun berjalan, apa kabar Edupark Karanganyar?

Dalam beberapa tahun ke depan, kolam renang Intanpari akan menjadi satu dengan edupark Karanganyar sebagai obyek wisata buatan di Karanganyar. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena dua obyek wisata ini berada dalam satu pengelolaan sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) yaitu PUD Aneka Usaha.

Saat ini, edupark Karanganyar masih dalam tahap proses pembangunan fasilitas pendukung untuk wahana edukasi yang sudah ada.

Edupark Karanganyar memiliki tiga wahana edukasi yang bisa dimanfaatkan khalayak luas. Wahana pertama adalah badan beserta isi pesawat terbang komersial Boeing 737-300.

Badan pesawat Boeing ini diberi nama ‘Lawu Air Karanganyar’. Di dalam badan pesawat ini berisi tempat duduk seperti layaknya tempat duduk di pesawat terbang komersial yang ada.

Selain badan pesawat, ada wahana edukasi berupa dua mesin pesawat terbang serta satu pesawat helikopter jenis Bolco.

Pengunjung badan pesawat ‘Lawu Air Karanganyar’ itu bisa duduk menikmati tempat duduk pesawat. Selain itu, didalam badan pesawat ini dilengkapi pendingin ruangan serta LCD untuk menampilkan informasi.

edupark-karanganyar_
Dua mesin pesawat di Edupark Karanganyar. (Soloraya.com)

Sementara dua mesin pesawat dan helicopter Bolco berada di sisi kiri dan kanan agak depan dari badan pesawat ‘Lawu Air Karanganyar’. Soloraya.com mendatangi edupark Karanganyar pada Rabu (21/9).

Terlihat dua mesin pesawat belum disertai keterangan mengenai informasi terkait dua mesin pesawat tersebut. Demikian juga dengan helicopter Bolco, yang belum disediakan keterangan informasi oleh pengelola.

Di kanan kiri sekitar tiga wahana edupark tersebut, sejumlah orang sedang melakukan pekerjaan lapangan. Lukman, staf operasional PUD Aneka Usaha, pengelola kolam renang Intanpari dan Edupark Karanganyar mengatakan, Edupark Karanganyar sedang mengalami pengembangan fasilitas.

“Nanti di sekitar pesawat terbang ‘Lawu Air Karanganyar’ itu akan dibuat gazebo. Kalau tidak salah kita akan bangun empat gazebo. Selain itu, kita akan memberi lampu penerangan di sekitar wahana pesawat, mesin pesawat dan helicopter yang ada itu,” terang Lukman, kepada Soloraya.com.

Lukman menambahkan, tanah di dalam Edupark juga akan diaspal lebih bagus dari sebelumnya. Sehingga akan menghadirkan kondisi yang lebih nyaman bagi pengunjung edupark.

Saat ini, selain wahana pesawat terbang, mesin pesawat terbang serta helicopter, di dalam area Edupark juga sudah memiliki bioskop tiga dimensi (3D) yang berada di sisi pojok utara. Di dekat bioskop 3D juga ada warung makan.

Ditambahkan Lukman, saat ini selain bagian dalam edupark yang diperbaiki, PUD Aneka Usaha yang juga menangani sebagian obyek wisata Tawangmangu  juga tengah melakukan pembangunan area parkir pada lahan yang berada diluar kolam renang Intanpari dan edupark Karanganyar.

edupark-karanganyar
Pesawat terbang ‘Lawu Air Karanganyar’. (Soloraya.com)

Selain digunakan sebagai lahan parkir, lahan didepan kolam renang dan edupark akan digunakan sebagai food court dan souvenir. Lukman optimis dalam 1-2 tahun ke depan, edupark Karanganyar makin terlihat menarik.

“Kami juga sudah berencana untuk menghadirkan pentas musik disini seperti organ tunggal sehingga diharapkan menambah keramaian edupark Karanganyar,” kata Lukman.

Di samping, sejumlah pihak swasta juga sudah didekati untuk bisa masuk dan ikut mengembangkan lokasi wisata edupark Karanganyar dan tentu saja kolam renang Intanpari jadi lebih ramai lagi.

“Semua pembangunan yang kita lakukan saat ini termasuk perluasann parkir didepan kantor sudah selesai pada 22 Desember 2016 mendatang. Setelah itu Edupark bisa terlihat lebih berkembang,” kata Lukman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *