Tiga obyek wisata waduk di Karanganyar

Wilayah Soloraya didominasi daerah pertanian. Sejumlah waduk dengan luas yang cukup besar berada di wilayah Soloraya untuk mengairi area persawahan masyarakat.

Karanganyar menjadi salah satu wilayah di Soloraya yang memiliki sejumlah waduk untuk irigasi sekaligus menjadi tempat wisata.

Berikut tiga waduk yang fungsi utamanya untuk sumber air irigasi bagi petani di Karanganyar namun juga bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata buatan yang menarik:

1. Waduk Delingan

Waduk Delingan berada di Kampung Pojok Delingan, Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar atau berada di jalan raya Karanganyar-Mojogedang KM 5. Waduk Delingan dibangun sejak jaman Belanda berada di Indonesia dan hingga saat ini sudah mengalami beberapa kali renovasi.

Waduk Delingan sangat potensial untuk dikembangkan jadi tempat wisata karena sejumlah alasan seperti akses menuju waduk yang mudah serta pemandangan  waduk yang menarik untuk dinikmati wisatawan.

Untuk urusan parkir, tempat istirahat, tempat makan sebenarnya juga sudah ada meski memang harus dikelola lagi agar lebih menarik perhatian wisatawan sehingga makin banyak lagi yang berkunjung ke waduk yang punya nama lain waduk Tirtamarta ini.

Waduk Delingan__
Sisi selatan waduk Delingan. (Soloraya.com)

2. Waduk Lalung

Lokasi waduk Lalung sangat strategis karena berada disisi jalan raya Bekonang-Lalung.  Waduk Lalung berada persis di pojok  pertigaan besar Lalung. Ini berarti untuk urusan akses masuk tidak lagi jadi persoalan.

Pemandangan waduk Lalung juga sangat menarik untuk dinikmati dengan hamparan air waduk yang luas sehingga wisatawan bisa betah di waduk ini, terutama pada saat sore hari dimana situasi sudah tidak lagi terasa panas oleh terik matahari.

Memang selain view waduk, belum ada wahana lain yang bisa dinikmati wisatawan selain itu air waduk yang membentang luas.  Memang waduk Lalung bisa dijadikan sebagai spot mancing, namun hal tersebut perlu dikelola lebih jelas.

Waduk Lalung
Sisi barat waduk Lalung. (Soloraya.com)

3. Waduk Plalar

Dalam hal akses masuk dari jalan raya, waduk Plalar memang lebih jauh ketimbang  waduk Delingan apalagi waduk Lalung, Waduk Plalar berada di Dusun Gedongrejo, Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakramat.

Dari arah jalan raya, Jalan Grompol-Jamus KM 5,  wisatawan masih harus masuk ke jalan kampung terlebih dahulu hingga sekitar 1-2 kilometer baru bisa sampai ke waduk Plalar. Jika belum pernah datang ke waduk dengan luas sekitar 2 hektar ini, tentu agak membuat kesulitan.

Waduk Plalar
Waduk Plalar. (Soloraya.com)

Selain sebagai penyedia air irigasi untuk pertanian, waduk Plalar ini juga cukup menarik untuk dijadikan lokasi wisata. Waduk yang terakhir  direnovai tahun 2005 ini juga sudah dilengkapi bungalow sebagai tempat untuk menikmati hamparan air waduk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *