Waduk Delingan, waduk paling menarik dikunjungi di Karanganyar

Ternyata, Karanganyar memiliki obyek wisata buatan berupa waduk yang mempesona. Waduk ini berlokasi di Jalan Raya Karanganyar-Mojogedang KM 5. Namanya Waduk Delingan atau waduk Tirtomarto.

Waduk Delingan ini sudah dibangun sejak Belanda berada di Indonesia dan hingga saat sudah mendapat beberapa kali renovasi atau perbaikan.

Sekarang, waduk Delingan berada dalam kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPu+Pera).

Kunjungan Soloraya.com pada Jum’at (2/8) sore ke waduk Delingan ini terasa cukup menyenangkan ketimbang waduk Lalung bahkan waduk Lalung.

Waduk Delingan-
Hamparan air Waduk Delingan di sisi timur. (Soloraya.com)

Waduk Delingan terlihat lebih ramai dibanding dua waduk lainnya itu. Akses menuju waduk Delingan sebenarnya lebih jauh ketimbang waduk Lalung karena waduk Lalung langsung berada di pinggir jalan raya Bekonang-Lalung.

Sementara waduk Delingan masih sekitar 200 meter dari jalan raya Karanganyar-Mojogedang. Akses menuju waduk Delingan melewati Dukuh Pojok Delingan RT 1 RW 1 Kelurahan Delingan, Kecamatan Karanganyar.

Sesampai di area waduk, wisatawan langsung bisa menaiki tangga semen untuk bisa melihat air waduk Delingan. Sampai diatas, wisatawan langsung bisa masuk ke bungalow joglo yang berada diatas waduk tapi masih di pinggir waduk.

Waduk Delingan
Pinggir waduk Delingan. (Soloraya.com)

Dari bungalow ini,wisatawan bis melihat hamparan air waduk yang berombak pelan. Soloraya.com melihat serombongan wisatawan yang terdiri dari satu keluarga melakukan selfie dan wefie dengan mengambil  lokasi didalam dan diluar bungalow.

Selain itu, juga ada bangunan pengatur air waduk yang berada di sisi timur bungalow yang sedikit menjorok agak jauh dari pinggir waduk. Di pinggir bangunan ini, menjadi tempat kongkow remaja menikmati suasana waduk Delingan.

Ditingkahi angin sore yang sepoi-sepoi bergerak, menjadi suasana yang sangat menyenangkan berada di pinggir waduk Delingan ini. Jum’at sore itu, sejumlah kelompok remaja menikmati suasana sore waduk Delingan baik di sisi timur dan barat bungalow.

Waduk Delingan_
Pintu air waduk Delingan. (Soloraya.com)

Sebagai waduk yang berfungsi sebagai sumber air untuk mengairi saluran irigasi pertanian, waduk Delingan juga memiliki pintu air yang bangunannya menjadi bagian waduk yang menarik perhatian.,

Pintu air waduk Delingan berada di pojok timur waduk juga menjadi akses masuk ke jalan dipinggir waduk yang tinggi sekitar tiga meter dari elevasi air waduk yang saat ini berkurang lebih dari setengah waduk.

Akses masuk ke pinggir waduk yang tinggi juga bisa melalui pojok barat. Jadi, bila Anda ingin mengelilingi pinggir waduk Delingan dengan kendaraan roda dua bisa melalui dua akses masuk waduk Delingan tersebut.

Waduk Delingan bagi warga sekitar waduk digunakana untuk area memancing di sejumlah bagian. Di sisi selatan dan barat area waduk yang menyusut airnya digunakan untuk lahan bercocok tanam dan mencari ikan.

Jika Anda berasa capek dan ingin makan atau minum sembari beristirahat, ada warung-warung sederhana yang jumlahnya tidak begitu banyak berada di sisi utara ketinggian pinggir waduk. Juga ada warung sederhana di sisi barat waduk yang bisa dijadikan tempat istirahat.

Waduk Delingan_akses masuk
Akses masuk ke waduk Delingan. (Soloraya.com)

Dengan suasana sore serta angin yang sepoi-sepoi berhembus serta melihat hamparan air waduk yang begitu luas, membuat berlama-lama di pinggir waduk Delingan terasa sangat menyenangkan.

Waduk Delingan sebagai obyek wisata buatan di Soloraya yang patut menjadi obyek wisata recommended di Karanganyar bagi  wisatawan lokal Karanganyar, Soloraya bahkan diluar wilayah Soloraya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *