Bosan makan malam dengan nasi, cobalah Kwetiau Goreng Udang

Nasi memang menjadi makanan pokok di Indonesia. Namun kadang tidak bisa dihindari pula bahwa sering makan nasi juga bisa membosankan. Maka mencoba makanan lainnya bisa dicoba dilakukan. Salah satunya dengan menikmati mie beras atau disebut juga Kwetiau.

Kwetiau bisa Anda gunakan untuk menu makan malam misalnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk bekal suami saat ke kantor ataupun anak saat pergi ke sekolah. Nah, Kwetiau Goreng Udang bisa Anda coba membuatnya.

Menu kwetiau goring bisa mengenyangkan perut karena dimasak dengan campuran kaldu dan kecap. Bagaimana cara membuat kwetiau goreng udang? Untuk dua porsi kwetiau goreng udang misalnya, dibutuhkan 500 g kwetiau basah.

Selain itu juga membutuhkan bahan berupa kaldu udang (150ml), tauge (50 g), udang yang telah dikupas (100 g), kucai potong (2 tangkai), 1 sdt minyak wijen, 1 sdt garam, ½ sdt merica bubuk, kecap manis (1sdm), saus tiram (1 sdm), soy sauce (2 sdm), bakso ikan Singapura ukuran besar yang telah diiris (1), cabe merah yang telah diiris kasar, (1), bawang putih yang sudah dicincang halus (2) serta telur ayam (1).

kwetiau
Kwetiau goreng udang. (iStock)

Telur menjadi bahan pertama yang dimasak dengan menggunakan minyak. Telur harus diaduk agar muncul gumpalan telur berukuran kecil. Setelah itu, sisihkan telur. Lalu masak dua bawang putih cincang dengan diaduk hingga terasa harum.

Ke dalam adukan bawang putih itu, campurkan udang dan bakso ikan, kemudian aduk lagi hingga udang berwarna agak merah. Masukkan pula kecap, merica, garam serta minyak wijen lalu kembali aduk dengan rata.

Tambahkan pula kaldu serta kwetiau. Aduk kembali hingga rata hingga mendidih. Kemudian masukkan kucai dan tauge,untuk kemudian diaduk sebentar. Setelah matang, angkat dan bisa disajikan pada saat masih hangat.