Batik Motif Pucuk Rebung dari Ambah Batik

Kekayaan material batik  (motif) sangat beragam. Tidak hanya motif batik Jawa saja yang bisa dieksplorasi, tapi juga motif batik Sunda, Madura bahkan ada pula kain batik yang diciptakan dengan motif tradisi budaya Melayu.

Hal itulah yang membuat label-label busana dengan dasar kain batik bermunculan. Salah satunya adalah Ambah Batik, label busana batik dari Solo, Jawa Tengah. Ambah Batik sudah berdiri sejak tahun 2013 yang lalu didirikan oleh Dina Rimandra.

Ambah Batik memang masih tetap mengeksplorasi motif batik Jawa kuno. Namun Ambah Batik juga menghadirkan motif batik yang diambil dari seni tekstil budaya Melayu yaitu motif pucuk rebung yang memiliki filosofi nilai sangat tinggi.

Filosofi nilai motif pucuk rebung adalah kehidupan seseorang harus memberi harapan, kekuatan dan manfaat untuk orang lain. Hal itu seperti diperlihatkan pohon bambu yang tahan terhadap angin kencang sehingga tidak patah.

 

ambah
Batik motif pucuk rebung dari Ambah Batik.

Koleksi busana yang dikreasi Ambah Batik menghadirkan motif batik dalam ukuran yang besar serta menonjol.  Motif batik yang bold seperti ini menjadi motif utama dengan modifikasi modern seperti gaya motif geometris.

Biasanya, motif-motif batik hanya ditempatkan pada tepian kain seperti biasanya dilakukan pada kain-kain tradisional.  Batik motif pucuk rebung ini menghadirkan siluet standar yang nyaman dipakai siapa saja.

Misalnya berupa gaun panjang dengan potongan pendek di bagian depan, jumpsuit, gaun lilit (wrap dress), serta cape dengan siluet yang dihadirkan berupa eksplorasi motif pucuk rebung yang cukup rumit dalam penataannya.

Motif pucuk rebung tidak hanya dibuat sebagai motif batik saja, tapi oleh Dina Rimandra, filosofi nilai motif pucuk rebung juga diaplikasikan dalam proses pembuatan motifnya. Misalnya dalam hal pembuatan batik dengan motif pucuk rebung ini  melibatkan perajin batik dari Solo, Pekalongan, serta sekolah menengah kejuruan yang dibina Galeri Batik Kudus yang berada di Kudus, Jawa Tengah.

ambah-batik
Peragaan busnaa Ambah Batik. (Kompas)

Selain itu, keuntungan dari penjualan batik motif pucuk rebung yang dilakukan Ambah Batik juga akan dikembalikan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan fasilitas yang dimiliki sekolah

Dina mengatakan, produk busana koleksi Ambah mengikutsertakan perajin batik dari Pekalongan, Solo juga sekolah menengah kejuruan binaan Galeri Batik Kudus di Kudus, Jawa Tengah. Keuntungan dari penjualan juga dikembalikan ke pihak sekolah untuk meningkatkan fasilitas sekolah.

Ambah Batik sendiri sebagai nama label pakaian batik memiliki arti yang bermakna baik.Nama Ambah diambil dari kata Amba dalam bahasa Jawa kuno berarti menulis. Penambahan huruf “h” pada kata Amba untuk menghadirkan kata “hidup”.

Sehingga dengan nama label itu seakan menjadi janji terhadap pemilik label agar perkembangan label ini seperti halnya menulis hidup yang memberi manfaat kepada  orang lain.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *