Berikut Makanan Mengandung Lemak Baik. Harus Dibatasi Konsumsinya (1)

Anda yang sedang menjalankan program diet, lemak merupakan zat gizi yang paling dihindari. Namun tidak semua makanan mengandung lemak itu berbahaya. Ada banyak jenis lemak dan tidak semuanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Justru lemak pada dasarnya sangat berperan dalam menyimpan energi yang dihasilkan pada proses metabolisme, menutrisi sel-sel tubuh, kulit, kuku, jantung dan otak.

Dilansir dari deherba.com, beberapa makanan yang mengandung lemak baik adalah ikan, alpukat,biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, telur, sayuran dan makanan yang mengandung Omega-3.

1. Ikan

Sumber lemak baik pada ikan ada pada jenis ikan salmon, makaret, haring, tuna albacore juga pada sarden. Ikan-ikan tersebut memiliki asam lemak omega-3 yang merupakan jenis lemak baik yang menjaga kesehatan jantung serta ketajaman otak terutama untuk orang berusia tua.

Asosiasi Jantung Amerika memberi saran agar mengonsumsi dua porsi ikan berlemak atau sekitar enam ons ikan dalam satu Minggu.

Ikan
Ikan

2. Alpukat

Alpukat  memiliki kandungan lemak baik yang bagus bagi jantung serta bisa mengurangi gejala osteoartritis serta menyerap nutrisi. Anda bisa mengonsumsi alpukat dengan dijadikan sebagai minuman jus atau bisa dimakan langsung.

alpukat
alpukat

3. Biji-bijian

Wijen ataupun juga biji bunga matahari dan biji buah labu bisa menjadi sumber lemak baik yang bisa membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.  Selain itu, secara umum, lemak dari sumber tumbuhan (nabati) lebih sehat daripada dari sumber hewan (hewani).

4. Kacang-kacangan

Batasi konsumsi kacang-kacangan sekitar 1 ons per hari . Hal ini untuk mendapatkan manfaat dari kacang-kacangan teradap tubuh dimana semua jenis kacang-kacangan bagus untuk kesehatan.

Misalnya jenis kacang-kacangan berupa walnut yang mengandung lemak baik yang bagus bagi kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *