Berikut Makanan Mengandung Lemak Baik. Harus Dibatasi Konsumsinya (2)

Anda yang sedang menjalankan program diet, lemak merupakan zat gizi yang paling dihindari. Namun tidak semua makanan mengandung lemak itu berbahaya. Ada banyak jenis lemak dan tidak semuanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Justru lemak pada dasarnya sangat berperan dalam menyimpan energi yang dihasilkan pada proses metabolisme, menutrisi sel-sel tubuh, kulit, kuku, jantung dan otak.

Dilansir dari deherba.com, beberapa makanan yang mengandung lemak baik adalah ikan, alpukat,biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, telur, sayuran dan makanan yang mengandung Omega-3.

1, Telur

Ada  lima gram lemak yang kebanyakan adalah lemak baik serta memiliki kandungan omega-3 yang kaya pada beberapa jenis telur. Selain tentu saja telur sangat tinggi dengan kandungan protein. Namun diemikian, disarankan untuk membatasi konsumsi telur satu butir saja tiap hari.

2. Minyak zaitun

Kandungan lemak baik pada minyak zaitu  cukup tinggi. Walau berlabel “baik”, penggunaan minyak zaitun tetap harus dibatasi. Hindari takaran berlebih saat memakai minyak zaitun ketika menggoreng.

Minyak zaitun
Minyak zaitun. (minyakzaitun.org)

3. Makanan Diperkaya Omega-3

Produk susu, telur, roti serta sereal memiliki kandungan Omega-3 yang besar. Namun untuk memastikan hal ini, periksa label kemasan produk-produk tersebut sebelum membelinya. Dengan mengonsumsi makanan yang diperkaya Omega-3, bisa didapat lebih banyak manfaat kesehatannya ketimbang suplemen.

sereal
sereal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *