Cara memotivasi diri sendiri untuk Menurunkan Berat Badan (1)

Kadang terlihat tidak mungkin untuk memulai dan tetap pada rencana menurunkan berat badan yang sehat. Seringkali, orang mudah kehilangan motivasi  untuk memulai atau kehilangan motivasi untuk terus berjalan,

Untungnya, motivasi adalah sesuatu yang bisa dibuat untuk ditingkatkan. Berdasarkan informasi dari https://authoritynutrition.com, ada 16 cara untuk memotivasi diri sendiri agar bisa menurunkan berat badan.

1.Tentukan mengapa Ingin turun berat badan

Tentukan secara jelas semua alasan Anda ingin kehilangan berat badan dan coba untuk menuliskan alasan-alasan itu.  Dengan cara ini, bisa membantu Anda untuk tetap komitmen dan termotivasi untuk mendapatkan tujuan penurunan berat badan.

Cobalah untuk membaca alasan-alasan itu tiap hari dan gunakan itu  sebagai pengingat saat merasa keluar dari rencana penurunan berat badan Anda.  Alasan-alasan Anda bisa termasuk mencegah diabetes, selalu bersama cucu, memperoleh aktifitas terbaik yang bisa Anda lakukan, meningkatkan kepercayaan diri atau agar sesuai dengan ukuran jin tertentu.

Banyak orang mulai turun berat badannya karena dokter mereka memberitahukan hal itu, tapi penelitian memperlihatkan bahwa orang akan lebih  sukses jika mereka motivasi menurunkan berat badannya dari dalam diri sendiri.

2. Miliki harapan yang realistis

Banyak program diet dan produk diet mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah. Bagaimanapun, banyak praktisi memberi rekomendasi penurunan berat badan hanya bisa terjadi 0,5-1kg (1-2 pounds) per Minggu.

Menyiapkan tujuan yang tidak sesuai dapat membawa pada perasaan frustasi dan menyebabkan Anda menyerah. Di sebaliknya, menyiapkan tujuan yang kemungkinan besar bisa diraih dengan baik membawa pada perasaan yang menyenangkan.

Selain itu, orang yang memperoleh keyakinan diri terhadap tujuan menurunkan berat badan lebih sering bisa mengatur penurunan berat badan mereka untuk jangka panjang.

Studi menggunakan data dari beberapa pusat penurunan berat badan menemukan bahwa wanita yang mengharapkan penurunan berat badan biasanya akan keluar dari program.

Kabar baiknya adalah hanya sedikit penurunan berat badan 5-10% dari berat badan Anda yang bisa berdampak besar pada kesehatan Anda. Jika Anda 180 pound (82 kg), itu hanya 9-18 pounds (4-8 kg). Jika Anda 250 pound (113 kg), beratnya hanya 13-25 pound (6-11 kg)

Pada kenyataannya, penurunan berat badan dari 5-10% berat badan Anda dapat meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tingkat kolesterol, mengurangi sakit ntyeri, serta mengurangi risiko penyakit kanker tertentu.

menurunkan berat badan
Ilustrasi. (authoritynutrition.com)

3. Fokus pada proses tujuan

Banyak orang mencoba untuk menurunkan berat badan hanya mengatur hasil akhir tujuan saja, atau tujuan yang mereka ingin capai pada akhirnya. Seringnya, tujuan akhir akan menjadi target final dari berat badan Anda.

Bagaimanapun, berfokus hanya pada tujuan akhir akan menghambat motivasi Anda.  Hanya fokus pada hasil akhir biasanya terasa ada jarak dan meninggalkan Anda merasa percaya diri.

Seharusnya, Anda harus mengatur proses tujuan, atau aksi apa yang akan Anda ambil untuk memperoleh keinginan tujuan Anda. Contoh dari proses tujuan adalah latihan empat kali dalam satu Minggu.

Sebuah studi pada 126 wanita dengan berat badan berlebih yang berpartisipasi dalam program penurunan berat badan menemukan bahwa mereka yang mengalami proses lebih cenderung menurunkan berat badan dan cenderung tidak menyimpang dari makanan mereka, dibandingkan dengan mereka yang berfokus pada hasil penurunan berat badan saja

Pertimbangkan untuk mengatur tujuan penurunan berat badan dengan model SMART untuk mengatur tujuan yang kuat. SMART singkatan dari S (spesifik, khusus), M (Measurable, terukur), A (Achievable, terjangkau), R (Realistic, realistis), T (Time Based, berdasarkan waktu).

Beberapa contoh dari tujuan SMART termasuk: ingin berjalan cepat untuk 30 menit lima hari Minggu depan, ingin makan empat hidangan sayuran setiap hari Minggu ini, saya hanya ingin minum satu soda Minggu ini.

4. Ambil rencana yang sesuai dengan gaya hidup anda

Cari rencana berat badan dimana Anda bisa bertahan disitu, dan hindari rencana yang hampir tidak mungkin untuk diikuti dalam jangka  panjang. Sementara ada ratusan diet yang berbeda, dengan paling banyak berdasarkan pada pengurangan kalori.

Mengurangi asupan kalori akan membawa pada penurunan berat badan, tapi dengan diet, terutama pada seringnya diet yo-yo,telah ditemukan sebagai pemrediksi kenaikan berat badan di masa depan.

Maka dari itu, hindari diet kaku yang benar-benar menghilangkan beberapa makanan. Penelitian telah menemukan bahwa mereka dengan cara berfikir “semua atau tidak” cenderung menurunkan berat badan.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk membuat rencana kustom Anda sendiri. Kebiasaan diet berikut telah terbukti membantu Anda menurunkan berat badan: Mengurangi asupan kalori, mengurangi ukuran porsi, mengurangi frekuensi makan snack, mengurangi makanan gorengan dan makanan penutup serta konsumsi buah dan sayur.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *