Empat Cara untuk Menurunkan Lemak Perut

Memiliki lemak perut kadang cukup mengganggu,apalagi bagi Anda yang cukup memberikan perhatian besar pada penampilan tubuh. Nyatanya, menghilangkan lemak perut bukan pekerjaan mudah mengingat. Secara kesehatan, lemak perut memiliki potensi mengganggu kesehatan tubuh.

Lemak perut yang seperti mengembang di perut itu adalah jenis lemak visceral. Jika tidak hati-hati lemak jenis ini berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau diabetes tipe 2. Berikut empat cara untuk menurunkan lemak perut:

1. Makan Cuka

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2009, orang gemuk yang mengonsumsi satu atau dua sendok makan cuka setiap hari dalam waktu delapan Minggu memperlihatkan penurunan lemak tubuh yang signifikan. Sementara Pamela Peeke, profesor kedokteran dari Universitas Maryland dan penulis buku Fight Fat Setelah 40 mengatakan, ada satu teori yang mengatakan bahwa asam asetat dalam cuka menghasilkan protein untuk pembakaran lemak.

Cuka
Cuka. (ida.co.id)

2. Selalu berolahraga

Lemak visceral mudah dihilangkan dengan latihan aerobik, penguapan kalori melalui jalan-jalan, bersepeda, berenang atau apapun yang membuat detak jantung naik. Penelitian dari Duke memperlihatkan hal menarik: melakukan jogging dengan jarak 19 kilometer tiap Minggu akan membantu Anda menghilangkan lemak perut.

Olahraga
Olahraga. (segiempat.com)

3. Serius mengonsumsi protein

Protein penting untuk merampingkan tubuh dan menghilangkan lemak perut Anda. Untuk itulah, protein harus ada di piring makan Anda. Direktur Klinik Kegemukan di Cornell,  Louise Aronne, MD mengatakan tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak insulin di usia Anda saat ini, sejak otot dan sel lemak Anda tidak merespon dengan semestinya. Insulin bisa mendukung penyimpanan lemak dalam tubuh terutama pada sekitar perut.

Menurut Aronne, diet tinggi protein dapat melindungi Anda terhadap perlawanan insulin. Satu jalan mudah untuk menaikan asupan protein adalah menambah protein air dadih organik pada makanan ringan, makanan serta smoothies.

Dalam sebuah studi, wanita gemuk yang mengikuti diet selama delapan Minggu dengan mengonsumsi kurang lebih 30 persen protein, 40 karbohidrat dan 30 persen lemak akan kehilangan lebih banyak lemak secara signifikan-termasuk visceral –daripada wanita yang tetap berada dalam rencana mengonsumsi 16% protein, 55% karbohidrat, dan 26% lemak.

4. Menggempur Lemak Tak Jenuh Ganda

Lemak visceral memiliki lemak jenuh ganda yang lebih banyak ketimbang lemak tak jenuh ganda. Menurut studi dari Swedia saat subyek memakan kalori lebih dari 750 tiap hari selama tujuh Minggu, ketimbang dalam bentuk minyak kelapa (lemak jenuh ganda) atau minyak bunga matahari (lemak tak jenuh ganda).

Yang pertama memperoleh lebih banyak lemak visceral sementara yang kedua lebih banyak memperoleh massa otot dan sedikit lemak tubuh . Seperti diketahui, lemak tak jenuh ganda ada di kacang, biji-bijian, ikan dan membantu Anda menurunkan lemak perut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *