Empat Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan (1)

Stroberi memiliki kandungan nutrisi sangat tinggi sehingga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya. Misalnya saja membantu proses metabolisme tubh, mencegah peradangan, kanker hingga kerusakan fungsi otak.

Mengapa stroberi memiliki manfaat yang multifungsi tersebut? Karena didalam stroberi mengandung banyak vitamin  C dan mangan. Selain itu juga memiliki karbohidrat dan kalori yang rendah.

Dari beberapa sumber yang dihimpun ada tiga kandungan nutrisi pada buah stroberi yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu:

1.Antioksidan

Stroberi mengandung antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibatkan bahan makanan yang berpotensi menimbulkan sel kanker serviks dan kanker payudara.

Antioksidan yang ada di dalam stroberi juga memberi proteksi pada hati serta anti antiinflamasi. Ada penelitian yang menyebut bahwa antioksidan yang dimiliki stroberi berada diperingkat pertama diantara buah-buah lainnya.

2.Kalori

Satu gelas stroberi atau 8 buah stroberi mengandung 50 kalori, 30 mikrogram (ug) asam folat serta tanpa kandungan karbohidrat atau asam lemak jenuh sama sekali.

Selain itu satu gelas stroberi berisi 270 miligram potasium sebagai sumber mineral yang bisa  menurunkan berat badan. Didalam satu gelas stroberi juga mengandung 4 gram serat guna membantu lancarnya pencernaan serta menurunkan kolesterol tubuh.

stroberi
Stroberi. (sehat99.com)

3. Vitamin C

Sebanyak 1,5 Kebutuhan harian vitamin C terpenuhi dari buah stroberi yang berisi 94 miligram vitamin C. Kandungan vitamin C pada stroberi memberi banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi, membantu penyembuhan luka serta menjadi antioksidan bagi tubuh.

Selain itu juga bisa mengurangi risiko terkena sejumlah jenis penyakit kanker. Vitamin C juga membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi anak-anak. Manfaat stroberi sebagai makanan sehat untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit jantung

Stroberi bisa membantu mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh serta mencegah penyakit jantung. Hal itu dimungkinkan karena stroberi mengandung serat yang tinggi, folat, antoksidan serta vitamin C.

2. Mencegah tekanan darah tinggi
Stroberi memiliki kandungan zat besi serta potasium yang efektif melawan tekanan darah tinggi sehingga tekanan darah dalam tubuh bisa seimbang.

3. Mencegah kanker

Stroberi yang mengandung vitamin A,C dan E bisa membantu melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Nutrisi yang ada dalam stroberi juga membantu mencegah terjadinya penyakit leukemia yang merupakan salah satu kanker mematikan.

Ada senyawa asam ellagik dan kuersetin didalam stroberi yang dapat menahan berkembangnya penyakit kanker hati, kanker kulit, kanker payudara, kanker sel darah serta kanker prostat.

4. Menceggah kerusakan fungsi otak
Stroberi mengandung vitamin C serta fitonutrient yang membantu tubuh terlindung dari penyebaran radikal bebas yang meningkatkan risiko penuaan diri serta mengancam kesehatan otak. Darimana datangnya radikal bebas? Ia berasal dari makanan yang dikonsumsi serta kondisi lingkungan .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *