Enam Sumber Makanan Sehat untuk Menyehatkan Tubuh

Setiap hari, tubuh membutuhkan asupan makanan dengan gizi seimbang yang terdapat pada menu makanan yang dimakan. Bagi orang yang sedang diet atau orang yang ingin hidup sehat, tentu membutuhkan menu makanan sehat.

Asupan makanan pada menu makan sehat tersebut wajib memiliki kandungan sumber gizi bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, mnieral, vitamin dan air.

Sehingga pada akhirnya, tubuh bisa sehat dan dapat digunakan untuk beraktifitas. Berikut enam sumber makanan sehat untuk menyehatkan tubuh:

1. Air

Air tidak mengandung nutrisi namun mampu menghidrasi tubuh. Setengah dari komposisi tubuh manusia adalah air. Selain dari air minum, cairan untuk tubuh berasal dari makanan seperti buah dan sayuran.

Jika Anda berencanakan melakukan diet, maka kandungan gizi dari makanan sehat yang bisa dimakan seperti yang akan diterangkan berikut ini bisa dijadikan sebagai menu diet yang baik.

2. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia. Asupan karbohidrat yang maksimal bisa menyehatkan tubuh serta memaksimalkan kerja organ otak.

Sumber karbohidrat berasal dari makanan seperti kacang-kacangan, sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta susu. Ada pula sumber makanan karbohidrat yang harus dibatasi penggunaannya.

Seperti nasi putih, minuman buah, keripik kentang, permen minuman soda, serta kue manis. Contohnya pada minuman soda. Menurut International Journal Clinical Practice, mengonsumsi minuman soda terus menerus akan meningkatkan kadar gula tinggi pada tubuh dengan risiko tubuh berpotensi terkena diabetes tipe 2.

Buah-buahan
Buah-buahan. (stikes.com)

3. Protein

Mengonsumsi sumber makanan protein sangat berguna bagi tubuh manusia. Tubuh akan tumbuh dengan baik jika asupan protein yang didapat cukup memadai.

Selain itu, makanan yang mengandung protein bisa membantu tubuh menyebuhkan dirinya sendiri serta menjaga kesehatan tubuh juga secara sendiri.

Contoh makanan sehat yang bisa dimakan yang mengandung protein adalah kacang-kacangan, kedelai, keju, daging, daging unggas, serta telur.

kedelai
Kedelai. (Bibitbunga.com)

4. Lemak

Makanan lemak sangat populer sebagai makanan yang patut dihindari.   Alasan yang paling sederhana adalah bisa membuat tubuh jadi gemuk. Namun demikian, makanan lemak tidak selalu harus dijauhi.

Mengapa?Karena makanan lemak juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga struktur sel serta membantu berfungsinya membran sel dengan baik. Selain itu makanan lemak berfungsi membantu tubuh menyerap vitamin serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

Lakukan pembatasan makanan berlemak seperti makanan cepat saji sosis, burger, serta pizza. Jika tidak dibatasi konsumsinya, berdampak negatif untuk tubuh misalnya berpotensi terkena penyakit jantung dan terjadinya kenaikan berat badan.

5. Mineral dan vitamin

Mineral dan vitamin bisa membantu organ-organ tubuh untuk menjalankan fungsinya. Ada 13 macam vitamin yang dibutuhkan tubuh.

 

Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin antara lain sayuran warna hijau dan kuning, buah-buahan dengan warna kuning serta merah misalnya wortel, pisang dan pepaya.

 

Sedang mineral yang dibutuhkan tubuh adalah selenium, zinc, zat besi serta kalium. Makanan yang mengandung mineral sangat tinggi antara lain pada buah-buahan seperti semangka, jambu, manggis, serta alpukat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *