Masukkan Kopi dalam Program Diet Anda? Ini Penjelasannya

Salah satu minuman yang bisa dimasukkan dalam rencana program diet yang akan dilakukan adalah kopi. Apa alasan kopi bisa menjadi sumber konsumsi untuk program diet Anda?

Karena sejumlah penelitian memperlihatkan kopi –melalui senyawa yang ada didalamnya- bisa membantu pembakaran lemak tubuh. Dengan pembakaran lemak tubuh yang baik, sudah tentu menghilangkan lemak dari tubuh sehingga berat badan jadi turun.

Selain itu, senyawa yang ada didalam kopi, yaitu kafein disebut sebagai salah satu dari sangat sedikit senyawa alami yang  telah terbukti bisa membantu pembakaran lemak tubuh.  Sebuah studi menyatakan, kafein secara khusus bisa meningkatkan pembakaran lemak tubuh dengan tingkat berbeda antara pemilik berat badan yang besar dengan yang kecil.

Untuk  orang gemuk, pembakaran lemak melalui kafein bisa mencapai 10 persen. Sementara bagi pemilik badan kurus, prosentasenya bisa mencapai 29 persen. Lalu bagaimana caranya kafein bisa membantu pembakaran lemak yang sangat penting bagi program diet?

Kopi
Kopi. (Online24jam)

Ketika kafein berada didalam otak, ia akan menghadang laju adenosine, penghalang proses neurotransmitter. Penghadangan ini dilakukan agar kafein bisa meningkatkan pembakaran terhadap neuron serta melepas senyawa yang ada didalam neurotransmitter seperti norepinephrine serta dopamine.

Kafein merangsang sistem saraf yang mengirim sinyal langsung ke sel lemak untuk memberitahu mereka guna memecah lemak yang tersimpan. Hal lain yang dilakukan kafein adalah untuk meningkatkan tingkat darah yang ada pada hormon Epinephrine. Orang mengenalnya dengan adrenaline.

Hormon Epinephrine  berjalan melalui darah ke jaringan lemak dan mengirim sinyal untuk memecah lemak  dan melepasnya ke dalam darah.

Selain membantu membakar lemak tubuh, kafein juga mempercepat waktu metabolisme. Percepatan metabolisme tubuh  oleh kafein mencapai 3-11 persen. Makin tinggi tingkat metabolisme tubuh yang berlangsung, makin mudah bagi pelaku program diet untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Selain itu,  kita bisa mempersilakan diri sendiri untuk makan  bebas tanpa harus ada larangan. Menariknya, sering terjadi peningkatan metabolisme tubuh disebabkan oleh meningkatnya pembakaran lemak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *