4 Sayuran dengan Manfaat Lebih Besar dari Sayuran Lain

Studi lain menunjukkan bahwa minum jus kangkng dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat dalam mengurangi kolesterol darah dan gula darah.

Sayuran memiliki kegunaan yang sehat bagi kesehatan manusia. Kebanyakan sayuran memiliki  kandungan kalori yang rendah namun tinggi kandungan vitamin, mineral dan serat.

Namun, beberapa sayuran lebih menonjol dari yang lain dengan terbukti memiliki tambahan manfaat kesehatan seperti kemampuan melawan peradangan atau mengurangi risiko penyakit. Berikut lima sayuran yang memiliki manfaat lebih besar daripada sayuran lain:

1. Kacang Hijau

Kacang hijau dipahami sebagai sayuran yang memiliki kandungan tepung. Ini berarti mereka memiliki jumlah karbohidrat dan kalori lebih tinggi ketimbang sayuran non-tepung.

Selain itu, kacang hijau juga dapat mempengaruhi kadar gula darah saat dikonsumsi dalam jumlah besar. Selain itu, kacang hijau merupakan sayuran dengan kandungan gizi tinggi.

Pada satu cangkir (160 gram) kacang polong hijau yang telah dimasak mengandung 9 gram protein, 9 gram serat, vitamin A, C dan K, riboflavin, thiamin, niasin dan folat (24).

Kandungan serat yang tinggi pada kacang hijau membantu pencernaan dalam tubuh dengan meningkatkan bakteri sehat pada usus serta membantu buang air besar dengan teratur.

Kacang hijau mengandung senyawa tanaman yang memiliki efek anti kanker yang diberi nama saponin. Dari penelitian yang sudah dilakukan, saponin membantu melawan kanker dengan mengurangi pertumbuhan tumor yang menyebabkan kematian sel kanker.

Swiss chard
Swiss chard. (simplyrecipes.com)

2. Swiss Chard

Sayuran Swiss chard memiliki kandungan kalori rendah namun kaya kandungan vitamin dan mineral penting. Dalam satu cangkir (36 gram) Swiss  chard mengandung 7 kalori , 1 gram serat, 1 gram protein dantinggi kandungan vitamin A, C dan K, mangan dan magnesium.

Swiss chard terkenal dengan kemampuannya yang unik untuk mencegah kerusakan tubuh akibat diabetes mellitus.

Dalam satu penelitian pada hewan, ekstrak chard bids membalikkan efek diabetes dengan menurunkan kadar gula darah dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab penyakit.

Penelitian hewan lain telah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan ekstrak chard dapat melindungi hati dan ginjal dari efek negatif diabetes.

3. Jahe

Akar jahe digunakan sebagai bahan utama dalam segala hal mulai dari masakan sayuran sampai makanan pencuci mulut.

Secara historis, jahe juga telah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi mabuk saat perjalanan.

Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi efek menguntungkan dari jahe untuk mengatasi masalah mual. Dalam ulasan dari 12 penelitian pada hampir 1.300 wanita hamil yang mengonsumsi jahe secara signifikan bisa mengurangi mual dibandingkan dengan menggunakan plasebo.

Jahe juga mengandung sifat anti-inflamasi yang berkhasiat yang dapat membantu dalam mengobati gangguan peradangan seperti radang sendi, lupus atau asam urat.

Dalam sebuah penelitian, partisipan dengan osteoartritis yang diobati dengan ekstrak jahe pekat sakit nyeri lutut yang diderita berkurang dan terbebas dari gejala lainnya.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa jahe bisa membantu pengobatan diabetes. Studi tahun 2015 melihat efek suplemen jahe pada diabetes. Setelah 12 minggu, jahe ternyata efektif menurunkan kadar gula darah.

Asparagus
Asparagus. (tumbleridgenews)

4. Asparagus

Sayuran musim semi ini kaya akan beberapa vitamin dan mineral, dan menjadikannya sebagai tambahan yang sangat baik untuk diet apapun. Setengah cangkir (90 gram) asparagus menyediakan sepertiga kebutuhan folat harian.

Memperoleh cukup folat dari asparagus dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit dan dapat mencegah cacat lahir tabung saraf selama kehamilan. Setengah cangkir asparagus juga menyediakan banyak selenium, vitamin K, thiamin dan riboflavin.

Beberapa penelitian dengan uji tabung juga menunjukkan bahwa asparagus dapat bermanfaat terhadap organ hati dengan mendukung fungsi metabolik dan melindunginya dari toksisitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *