Baik dan Buruk Menu Buka Puasa Es Teh Manis

Selain kurma, kolak dan juga makanan manis, apa lagi menu favorit berbuka puasa?  Es teh manis. Alasannya, kesegaran es teh manis sangat menggoda. Walau begitu, ada efek samping es teh manis jika dikonsumsi berlebihan.

Kelebihan es teh manis untuk menu buka puasa karena ada kandungan sukrosa yang merupakan jenis gula dengan struktur sederhana sehingga lebih gampang diserap untuk mengembalikan kadar gula darah dengan cepat setelah satu hari berpuasa.

Lalu apa efek samping es teh manis bila dikonsumsi berlebihan? Dilansir dari detikhealth, naiknya kadar gula yang begitu cepat memicu rasa kantuk. Padahal biasanya, setelah minum es teh manis langsung dilanjutkan dengan makan berat.

Dengan demikian, banyaknya asupan gula yang berlebihan bisa makin membuat rasa kantuk menjadi-jadi. Seperti diketahui, nasi memiliki kandungan karbohidrat yang akan meningkatkan kadar gula darah.

Es Teh Manis
Es Teh Manis. (Youtube.com)

Walau memang perlu waktu lebih lama untuk bisa diurai kadar gula darah yang ada dalam karbohidrat dari nasi karena memang struktur gulanya lebih kompleks. Selain itu, bagi  orang yang memiliki lambung peka, kandungan kafein dalam es teh manis harus diperhitungkan.

Kafein pada beberapa orang bisa menaikkan produksi asam lambung yang pada akhirnya membuat perut terasa tidak nyaman. Selain itu, kafein memiliki efek diuretik yang bisa memicu sering buang air besar.

Sementara bagi penderita diabetes, kandungan sukrosa pada es teh manis mesti diperhatikan sehingga tidak memicu kenaikan kadar gula darah yang tidak bisa dikontrol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *