Cara memotivasi diri sendiri untuk Menurunkan Berat Badan (3)

Bagi banyak orang, menjalankan program diet agar bisa menurunkan berat badan bukan perkara mudah. Bahkan sering terlihat tidak mungkin  untuk memulai menjalankan diet walau sudah direncanakan sebelumnya.

Yang diperlukan adalah motivasi dari dalam diri orang yang ingin menjalankan diet. Bagusnya, motivasi adalah hal yang bisa dibangun. Berikut empat cara memotivasi diri sendiri untuk menurunkan berat badan.

1. Pikirkan dan Bicara Positif

Orang yang memiliki harapan positif dan merasa percaya diri dalam kemampuan mereka mencapai tujuannya cenderung bisa menurunkan berat badan lebih banyak. Selain itu, orang yang menggunakan “change talk” lebih cenderung mengikuti rencana.

Perubahan bicara adalah membuat pernyataan tentang komitmen terhadap perubahan perilaku, alasan di balik mereka dan langkah-langkah yang akan Anda ambil atau lakukan untuk mencapai tujuan Anda

Oleh karena itu, mulailah berbicara secara positif tentang penurunan berat badan Anda. Juga, bicarakan langkah-langkah yang akan Anda ambil dan lakukan pikiran Anda dengan lantang.

Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan banyak waktu hanya berfantasi tentang mimpi berat tubuh idamanmereka cenderung tidak mencapai tujuan mereka. Ini yang disebut mental memanjakan.

Sebaliknya, Anda harus secara mental harus kuat. Agar bisa seperti itu, luangkan beberapa menit untuk membayangkan mencapai berat sasaran Anda dan kemudian habiskan beberapa menit lagi untuk membayangkan kemungkinan rintangan yang mungkin menghalangi.

Sebuah studi terhadap 134 siswa yang terbagi dalam dua grup yaitu  grup siswa yang secara mental mereka memanjakan diri serta grup yang secara mental membandingkan tujuan diet mereka. Mereka yang secara mental lebih kuat  cenderung mengambil tindakan. Mereka makan lebih sedikit kalori, berolahraga lebih banyak dan makan lebih sedikit makanan berkalori tinggi .

Seperti yang terlihat dalam penelitian ini, kuat secara mental lebih memotivasi dan mengarah pada tindakan yang lebih daripada yang dilakukan secara mental manja, yang dapat mengelabui otak Anda agar berpikir bahwa Anda telah berhasil dan menyebabkan Anda tidak pernah mengambil tindakan untuk mencapai tujuan Anda.

2. Rencanakan Tantangan dan Kemunduran

Stres sehari-hari akan selalu muncul. Menemukan cara untuk merencanakannya dan mengembangkan keterampilan mengatasi yang tepat akan membantu Anda tetap termotivasi tidak peduli apa yang  terjadi pada hidup dengan cara Anda.

Akan selalu ada hari libur, ulang tahun atau pesta untuk dihadiri. Dan akan selalu ada yang membuat tertekan di tempat kerja atau dengan keluarga.

Penting untuk memulai pemecahan masalah dan brainstorming tentang tantangan penurunan berat badan dan kemunduran ini. Ini akan mencegah Anda keluar jalur dan kehilangan motivasi (2).

Banyak orang beralih ke makanan untuk kenyamanan. Hal ini dapat dengan cepat menyebabkan mereka meninggalkan tujuan penurunan berat badan mereka. Menciptakan keterampilan mengatasi yang tepat akan mencegah hal ini terjadi pada Anda.

Sebenarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih baik dalam mengatasi stres dan memiliki strategi penanganan yang lebih baik akan menurunkan berat badan lebih banyak dan mempertahankannya lebih lama (11).

Pertimbangkan untuk menggunakan beberapa metode ini untuk mengatasi stres:

  • Olahraga
  • Lakukan pernapasan persegi
  • Mandi
  • Pergi ke luar dan ambil udara segar
  • Hubungi teman
  • Meminta bantuan

Ingat juga merencanakan liburan, acara sosial dan makan di luar. Anda bisa meneliti menu restoran terlebih dahulu dan menemukan pilihan sehat. Di pesta, Anda bisa membawa hidangan sehat atau makan porsi lebih kecil.

3. Jangan Bertujuan untuk Kesempurnaan dan Memaafkan Diri Sendiri

Anda tidak harus sempurna untuk menurunkan berat badan. Jika Anda memiliki pendekatan “semua atau tidak sama sekali”, Anda cenderung tidak mencapai tujuan Anda .

Bila Anda terlalu membatasi, Anda mungkin mendapati diri Anda mengatakan “Saya makan hamburger dan kentang goreng untuk makan siang, jadi sebaiknya saya makan pizza untuk makan malam.” Sebaliknya, cobalah untuk mengatakan, “Saya makan siang yang besar, jadi saya harus membidik Makan malam yang lebih sehat “(2).

Dan hindari menghukum diri sendiri saat melakukan kesalahan. Pikiran yang merendahkan diri hanya akan menghalangi motivasi Anda. Sebagai gantinya, maafkan dirimu. Ingat bahwa satu kesalahan tidak akan merusak kemajuan Anda.

4. Belajar Mencintai dan Menghargai Tubuh Anda

Penelitian telah berulang kali menemukan bahwa orang yang tidak menyukai tubuh mereka cenderung tidak bisa menurunkan berat badan.

Mengambil langkah untuk memperbaiki citra tubuh Anda dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan Anda.

Selanjutnya, orang yang memiliki citra tubuh lebih baik cenderung memilih diet yang dapat mereka pertahankan dan mencoba aktivitas baru yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Kegiatan berikut dapat membantu meningkatkan citra tubuh Anda:

  • Olahraga
  • Hargai apa yang tubuh Anda bisa lakukan
  • Lakukan sesuatu untuk diri sendiri, seperti mendapatkan pijatan atau manikur
  • Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif
  • Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain, terutama model
  • Kenakan pakaian yang Anda suka dan itu sesuai dengan Anda
  • Lihatlah di cermin dan ucapkan hal-hal yang Anda suka tentang diri Anda dengan lantang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *