Lima Sayuran dengan Manfaat Lebih Besar dari Sayuran Lain (1)

Sayuran memiliki kegunaan yang sehat bagi kesehatan manusia. Kebanyakan sayuran memiliki  kandungan kalori yang rendah namun tinggi kandungan vitamin, mineral dan serat.

Namun, beberapa sayuran lebih menonjol dari yang lain dengan terbukti memiliki tambahan manfaat kesehatan seperti kemampuan melawan peradangan atau mengurangi risiko penyakit. Berikut lima sayuran yang memiliki manfaat lebih besar daripada sayuran lain:

1.Bayam

Sayuran hijau daun berada di peringkat pertama sebagai salah satu sayuran paling sehat karena kandungan nutrisinya yang mengesankan.  Bayam mengandung banyak antioksidan yang membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis.

Selain itu, bayam mentah mempunyai 56% vitamin A harian serta kebutuhan vitamin K harian dan hanya mengandung 7 kalori.

Satu studi menemukan bahwa sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam mengandung beta karoten dan lutein tinggi, dua jenis antioksidan yang membantu menurunkan risiko kanker.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa konsumsi bayam dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena dapat menurunkan tekanan darah.

Bayam
Bayam.

2.Kubis merah

Kubis merah memiliki kandungan antioksidan tinggi serta berkhasiat untuk mendukung kesehatan. Satu cangkir atau 89 gram kubis merah mentah mengandung 2 gram serat serta 85% kebutuhan vitamin C harian.

Kubis merah juga tinggi kandungan antosianin, senyawa tanaman yang berkontribusi pada warna yang berbeda serta juga sejumlah manfaat kesehatan.

Dalam studi hewan tahun 2012, tikus diberi makan diet yang dirancang untuk meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan penumpukan plak di arteri. Tikus kemudian diberi ekstrak kubis merah.

Ditemukan fakta bahwa ekstrak kubis merah mampu mencegah peningkatan kadar kolesterol darah dan melindungi terhadap kerusakan pada hati.

Hasil ini didukung oleh penelitian hewan lain pada tahun 2014 yang menunjukkan bahwa kubis merah dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati pada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol.

3. Kentang Manis (ubi manis)

Kentang manis digolongkan sebagai sayuran akar. Kentang manis cukup populer karena warna orange yang semarak, rasa manis serta memiliki manfaat kesehatan luar biasa.

Satu medium ubi jalar mengandung 4 gram serat, 2 gram protein dan vitamin C, vitamin B6, potassium dan mangan.

Kentang manis juga mengandung salah satu bentuk vitamin A yang sangat tinggi yang disebut beta-karoten yang membantu menurunkan risiko terkena penyakit jenis kanker yang signifikan.

Termasuk kanker paru-paru dan kanker payudara. Kandungan vitamin A didalam satu ubi jalar bisa memenuhi 438% kebutuhan vitamin A harian.

Jenis ubi jenis tertentu juga berpotensi mengandung manfaat tambahan. Misalnya, Caiapo adalah sejenis ubi jalar putih yang memiliki efek anti diabetes.

Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes diberi 4 gram Caiapo setiap hari selama 12 minggu. Dampaknya terjadi penurunan kadar gula darah dan kolesterol darah .

4. Sawi

Sawi adalah sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Pada secangkir sawi (190 gram)  ada 5 gram serat, 4 gram protein, serta 27% kebutuhan kalsium harian.

Sawi menjadi salah satu sumber kalsium terbaik yang tersedia bersama dengan sayuran hijau, brokoli dan kedelai. Fungsi kandungan kalsium dari sayur-sayuran tersebut bisa meningkatkan kesehatan tulang serta terbukti bisa menurunkan risiko osteoporosis.

Selain banyak mengandung kalsium, sawi juga tinggi antioksidan serta bisa mengurangi risiko terkena penyakit tertentu.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari satu porsi sayuran sawi per minggu membantu penurunan risiko glukoma sebanyak 57% . Glukoma adalah kondisi mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

Studi lain menunjukkan bahwa asupan sayuran yang tinggi pada yang mencakup sayuran sawi dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Sawi
Sawi

5. Kubis lobak

Kubis lobak adalah sayuran kubis yang bisa dimakan mentah atau dimasak. Kubis lobak memiliki kandungan serat tinggi dengan setiap cangkir kubis lobak berisi 5 gram serat.

Kubis lobak juga mengandung 140% nilai harian tiap cangkir vitamin C. Kubis lobak juga mengandung antioksidan yang bisa melawan peradangan dan diabetes. Selain itu kubis lobak juga menurunkan kadar gula darah sampai 64% dalam tujuh hari pengobatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *