Makanan Tinggi Kolesterol Berikut Ini Harus Dihindari (2)

Sering kali karena ingin cepat memperoleh makanan, banyak orang yang malah melakukan kesalahan dalam memilih makanan. Mereka justru mengonsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan kolesterol.

Padahal sudah banyak dijelaskan bahwa kolesterol begitu berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Ironisnya, jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol banyak sekali. Dilansir dari beberapa sumber, berikut tiga sumber makanan yang mengandung kolesterol tinggi:

1. Udang

Udang adalah salah satu makanan dari laut yang terkenal memiliki kandungan kolesterol relatif tinggi. Satu udang setidaknya memiliki kandungan kolesterol 11 mg. Satu ons udang mengandung setidaknya 55 mg kolesterol.

Udang
Udang. (capeleman.blogspot.co.id)

Sementara untuk 100 mg udang mengandung kolesterol setidaknya hingga 195 mg. Memang tidak semua seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi. Namun, jika ingin mengonsumsi makanan laut lebih baik dengan cara direbus daripada digoreng

2. Keju

Keju menjadi salah satu sumber makanan protein serta kalsium yang baik bagi tubuh. Hal itu berlaku untuk tubuh vegetarian. Sedang bagi non-vegetarian, keju adalah makanan lezat yang bisa dikonsumsi dalam bentuk hidangan dan roti.

keju
Keju. (vemale.com)

Namun harus hati-hati, kenyataannya, keju juga mengandung banyak kolesterol. Sebanyak 100 mg keju mengandung 123 mg kolesterol. Tiap satu inci keju mengandung sekitar 21 mg kolesterol. Jika Anda ingin mengonsumsi keju, harus dilakukan secara terbatas secara intensitas maupun jumlah setiap hari.

3. Daging olahan

Ayam, kambing, domba, dan sapi memiliki perbandingan jumlah kolesterol yang tidak berbeda ketika telah diproses. Jumlah kolesterol yang dikandung dalam daging olahan juga berdasarkan besarnya satuan daging serta garam yang digunakan selama diolah. Jadi saat sudah diolah, mungkin kolesterol yang ada pada tiap tipe daging porsinya sama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *