Manfaat Kurma untuk Orang Berpuasa

Manfaat-Kurma
Kurma

Manfaat kurma untuk orang berpuasa — Menyamtap kurma saat berbuka puasa sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah mungil yang sangat manis ini kerap menjadi pilihan saat berbuka puasa. 

Manisnya tak sekadar enak, tetapi juga bermanfaat meningkatkan energi dalam waktu singkat. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi buah kurma.

1. Memasok energi secara cepat

Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa. Ketiganya merupakan komponen pembentuk karbohidrat. Tak heran jika kurma menjadi pilihan utama saat berbuka puasa, karena mampu memasok energi secara cepat (instan).

Setiap 100 gram kurma (8-10 butir) mengandung 73,5 gram karbohidrat, 7,5 gram serat kasar, 66 gram gula, 2 gram protein, dan 0,45 gram lemak.

Setiap butir kurma yang kita konsumsi rata-rata mengandung 23 kalori. Saat berbuka, disarankan mengonsumsi 1-3 butir kurma. 

2. Menyehatkan tulang

Tak hanya itu, kurma juga kaya mineral. Dalam sebutir kurma terkandung 32 mg kalsium, 35 mg magnesium, 1,9 gr selenium , 40 mg fosfor, dan 652 gram potassium.

Dengan aneka mineral yang terkandung di dalamnya, kurma bermanfaat untuk menyehatkan tulang. Bahkan dapat menghindarkan seseorang dari risiko osteoporosis.

3. Menjaga kadar kolesterol

Mengonsumsi kurma secara rutin, termasuk ketika berbuka puasa, dapat membantu menjaga kadar kolesterol tubuh. Bahkan bisa juga membantu penurunan berat badan.

Manfaat-Kurma
Kurma sangat baik untuk kesehatan tubuh | Foto: Lagizi

 

4. Membuat tubuh lebih fit

Selain disantap saat berbuka, kurma juga bisa dikonsumsi saat sahur. Hal ini akan membuat tubuh menjadi fit sejak fajar hingga saat berbuka puasa.

Mengapa tubuh menjadi lebih fit? Karena kandungan proteinnya lumayan tinggi, yakni 2 gram dalam 100 gram kurma (2%). Protein juga menjaga otot-otot tetap kuat.

5. Bagus untuk pencernaan 

Buah kurma juga bagus untuk pencernaan. Pasalnya, buah asli Tanah Arab ini memiliki kandungan serat kasar sekitar 7,5 gram per 100 gram kurma.

Bahkan jika Anda mengalami sembelit (susah BAB), cobalah mengkonsumsi kurma, insha Allah segera terarasi.

6. Membuat kulit jadi lembut

Kurma juga mengandung sejumlah vitamin, antara lain vitamin C dan D. Kedua jenis vitamin ini bisa menjaga elastisitas kulit, dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Kurma juga berkhasiat mencegah penuaan dini dan penumpukan melanin pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat kurma bagi orang-orang berpuasa. Karena aneka manfaatnya, kurma kini tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa. Di luar Bulan Ramadhan pun, kurma perlu dikonsumsi secara rutin.